Posted by: Arnie Suryo | 4 May 2012

Make-up Kilat Gaya Kasual, Cantik nan Lembut

Tampil dengan gaya kasual bisa jadi pilihan, namun bukan berarti riasan wajah ditinggalkan. Gaya kasual Anda akan terlihat lebih menarik dengan polesan riasan wajah yang simpel, dan bisa diaplikasikan dalam 10-15 menit. Kuncinya, pilih warna yang tepat untuk menunjang gaya harian yang kasual, dan aplikasikan riasan di setiap tahapan dengan benar.

“Penggunaan eyeliner seringkali keliru. Salah aplikasi bisa menyebabkan kesalahan riasan sehingga Anda harus menghapusnya dan memulai lagi dari awal,” jelas make-up artist Mariska Mariana, di sela kegiatan Fashion Workshop New Crocs New You di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Untuk menciptakan riasan wajah simpel, segar, menunjang gaya kasual Anda, Mariska memberikan sejumlah kiatnya.

* Wajah bersih.
Pastikan wajah Anda dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan make-up. Riasan wajah yang diaplikasikan pada wajah kotor, justru akan memicu kerusakan pada wajah.

* Riasan dasar.
Pemakaian pelembab, foundation,  bedak tabur atau padat, mengawali riasan wajah. Pelembab lebih berfungsi sebagai skincare untuk melindungi kulit, foundation juga kerap dipakai agar riasan melekat sempurna, sementara bedak dapat melindungi wajah dari paparan debu secara langsung, selain untuk menyempurnakan riasan tahap awal.

“Sebagian orang memakai dua bedak sekaligus, tabur dan padat, tujuannya agar pelembab dan foundation melekat sempurna di wajah. Ada juga yang memilih menggunakan BB Cream, produk pelembab merangkap foundation, yang membantu meringkas waktu make-up karena hanya dengan satu produk, dua kebutuhan ini bisa terpenuhi,” jelas Mariska kepada Kompas Female.

Cara mengaplikasikan riasan dasar ini juga perlu diperhatikan. Pakai bedak, pelembab, dan foundation dari bagian dahi dengan arah ke samping bawah. “Jangan memakai pelembab dengan cara rotasi. Pemakaian dari bagian atas wajah dengan arah ke samping bawah bertujuan agar bedak, foundation juga pelembab tidak menggumpal sehingga hasil riasan lebih tahan lama,” jelas Mariska.

* Eyeshadow.
Untuk gaya penampilan simpel kasual, pilih warna eyeshadow coklat. “Eyeshadow coklat tua wajib punya untuk riasan harian yang sederhana,” jelasnya. Aplikasikan eyeshadow pada bagian kelopak mata, lalu berikan highlight pada bagian tulang mata di atas kelopak. “Highlight dapat membentuk tulang agar riasan mata terlihat lebih hidup,” jelasnya.

* Eyeliner.
Make-up tak lengkap tanpa eyeliner, kata Mariska. Untuk riasan sederhana dan bagi pemula, gunakan eyeliner model pensil. Caranya, aplikasikan di sepanjang garis mata atas diawali dari ujung terluar mata menuju ke dalam. Pastikan eyeliner bagian dalam lebih tipis dari bagian terluar mata. Lakukan hal yang sama pada garis mata bawah, namun aplikasikan eyeliner hanya setengahnya (tidak penuh hingga ke ujung dalam garis mata bawah).

Sebaliknya, jika Anda memilih menggunakan eyeliner cair, sebaiknya aplikasikan eyeliner dari garis mata bagian dalam menuju ke bagian luar. “Sebaiknya eyeliner cair digunakan oleh mereka yang sudah mahir mengaplikasikannya, karena jika salah aplikasi, Anda harus menghapus seluruhnya termasuk eyeshadow dan memulai dari awal. Inilah yang kerap membuat make-up membutuhkan waktu lebih lama,” tuturnya.

* Sentuhan akhir.

Blush on dan lipstik menjadi sentuhan akhir untuk riasan dan tampilan kasual ini. Bubuhi tulang pipi dengan blush on dari arah atas menyamping ke bawah. Untuk melengkapi riasan, gunakan lipstik dengan warna natural.

Anda tertarik mengaplikasikan riasan gaya kasual ini untuk ke kantor atau ke kampus? Atau Anda lebih suka aplikasi riasan yang berkesan glamour?

sumber: KOMPAS.com


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: