Posted by: Arnie Suryo | 19 May 2012

Cara Hadapi Calon Mertua dan Ipar Saat Siapkan Pernikahan

Mempersiapkan segala keperluan pesta pernikahan seringkali membuat Anda stres. Belum lagi saat harus menghadapi tuntutan dari calon mertua dan kakak atau adik ipar. Seperti yang dikutip dari ezinearticle, ada beberapa cara menghadapi dan mengatasinya menurut pakar hubungan Jennica Grey.

1. Kenali Masalah
Saat mulai mempersiapkan pesta pernikahan, satu masalah yang begitu menonjol akan datang dari calon ibu mertua Anda. Hampir enam puluh persen istri yang mengatakan bahwa ibu mertua mereka ‘baik’ tapi tetap saja menjumpai masalah yang bersangkutan dengannya.

Ingat, perselisihan dengan mertua dapat menimbulkan masalah besar, baik dalam urusan persiapan pernikahan atau, dalam kehidupan bersama pasangan nantinya. Oleh karena itu, beranikan diri Anda untuk lebih membuka diri dan berkomunikasi dengan calon ibu mertua. Dengan begitu, tak ada lagi kata ‘stres’ saat Anda mempersiapkan kebutuhan hari H.

2. Terbuka
Saat mempersiapkan pesta pernikahan, cobalah untuk lebih terbuka dan jujur kepada orang tua dan calon mertua. Katakan pada mereka bahwa itu adalah pernikahan Anda dan pasangan. Ini adalah saatnya Anda memulai kehidupan sendiri tanpa perintah dari orang tua.

Campur tangan orang tua dan mertua biasanya terjadi karena mereka merasa bahwa inilah kesempatan terakhir untuk ‘mengatur’ kehidupan anak-anak mereka. Walau begitu, persiapan pernikahan selalu menjadi fokus calon pengantin dan para anggota keluarga baru memberikan saran dan batuan ketika diminta.

3. Proaktif
Hanya karena ingin memiliki pesta pernikahan yang sesuai impian, bukan berarti Anda menghiraukan segala hal tentang mertua dan para ipar. Untuk menjaga hubungan yang lebih erat, ada baiknya Anda memberikan peran kecil dan terbuka dengan ide-ide pesta dari mereka.

Selain untuk Anda dan pasangan, ketahuilah bahwa pernikahan merupakan momen besar bagi para orang tua dan ipar. Tetapi, jangan lupa ingatkan mereka mengenai batasan-batasannya serta, semua keputusan terakhir hanya dapat diberikan oleh Anda dan pasangan.

sumber: wolipop.com


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: