Posted by: Arnie Suryo | 23 May 2012

Kesalahan Berulang dalam Merawat Kulit

Sudah memakai berbagai produk perawatan wajah yang mahal, tetapi kulit belum juga mulus sesuai dengan yang Anda inginkan? Hmm… coba teliti kembali kebiasaan Anda merawat wajah sehari-hari. Karena menurut dokter kulit dari New York, dr Jeannette Graf, ternyata ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para perempuan saat merawat kulit wajah. Pastikan Anda tidak melakukan salah satu di antaranya:

1. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

Kita ternyata paling sering melakukan kesalahan pada malam hari. Dalam kondisi tubuh yang sudah lelah, kita jadi malas melakukan hal-hal yang sifatnya rutin, termasuk membersihkan wajah sebelum tidur. “Kadang banyak orang yang tidur dengan kosmetik masih menempel di wajah. Hal ini akan mengganggu proses regenerasi kulit yang terjadi saat tidur,” ungkap Graf.

Untuk mengatasi rasa malas atau kelelahan sehingga lupa membersihkan wajah, letakkan perlengkapan pembersih muka di samping tempat tidur. Graf mengungkapkan bahwa hal ini bisa membantu Anda lebih mudah meraih pembersih kosmetik ini bahkan dalam keadaan mengantuk sekalipun.

2. Tidak mencuci muka di pagi hari

Mencuci muka pada pagi hari perlu dilakukan untuk membersihkan muka dari segala racun dalam tubuh, dan sisa kosmetik yang kemungkinan masih menempel. Saat tidur, kulit tetap bekerja untuk melakukan regenerasi dan membersihkan kulit dari segala macam kotoran yang ada. “Meskipun sudah mencuci muka di malam hari, sebaiknya ulangi lagi delapan jam kemudian,” ujarnya.

3. Menggunakan sabun wajah berparfum

Parfum yang dimaksud adalah tambahan pewangi atau aroma wangi dalam sabun wajah. Mungkin ini tidak terlihat berbahaya, namun tambahan pewangi akan mengganggu dan menghalangi pembentukan lemak alami pada kulit. Hasilnya, kulit akan menjadi kering atau mengalami iritasi.

4. Terlalu sering mencuci muka

Saat muka terasa lengket, kotor, atau kepanasan, mencuci muka bisa jadi cara yang ampuh untuk menyegarkannya kembali. Namun, hati-hatilah jika Anda terlalu sering mencuci wajah. Saat mencuci muka, biasanya Anda juga akan menggosok kulit wajah. Tekanan yang terlalu keras atau sabun muka dengan kandungan yang terlalu keras dan tekstur yang kasar akan membuat kulit menjadi kemerahan dan kering. Air sebenarnya juga merupakan salah satu hal yang bisa membuat kulit menjadi kering.

5. Menggunakan make-up saat olahraga

Saat akan berolahraga, ingatlah untuk tidak berdandan terlebih dulu. Make-up akan membuat kulit tidak bisa bernapas, dan membuat kulit menjadi lebih panas. Justru Anda harus membersihkan muka sebelum olahraga, agar keringat tidak bercampur dengan debu atau sisa kosmetik yang menempel di wajah dan menyumbat pori-pori.

sumber: KOMPAS.com


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: