Posted by: Arnie Suryo | 6 June 2012

Kulit Makin Seksi Berkat Eksfoliasi

Jangan biarkan sel-sel kulit mati menumpuk. Jerawat dan komedo bisa dengan mudah bermunculan dan kulit pun terlihat kusam. Segera lakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati.

Catherine de Groot, seorang pakar kecantikan mengungkapkan bahwa eksfoliasi merupakan hal yang wajib dilakukan selain membersihkan wajah secara teratur. Ini merupakan kunci kulit sehat dan awet muda, karena bisa secara efektif merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

“Bersihkan wajah setiap hari dan eksfoliasi satu kali dalam tiga hari. Ini adalah cara efektif membuat kulit lebih segar, mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit mampu menyerap produk perawatan secara maksimal,” kata de Groot seperti dikutip dari au.lifestyle.yahoo.

Eksfoliasi merupakan cara paling cepat untuk membuat kulit tampak cerah dan muda. Terutama, bagi wanita usia 30 tahun ke atas karena di usia tersebut regenerasi sel kulit tak secepat usia 20an.

Ada tiga tipe bahan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan eksfoliasi. Dua di antaranya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ketahui ketiganya.

1. Fisik
Bahan eksfoliasi ini mengandung butiran yang agak kasar. Fungsinya adalah membersihkan sel kulit mati secara mekanis. Anda bisa membuatnya membuatnya sendiri dari bubuk kopi, gula atau oatmeal.

2. Enzim buah
Untuk mencari produk eksfoliasi yang aman, pilihlah yang mengandung enzim buah. Enzim tersebut akan bereaksi kimia dengan kulit, yang membuat kulit mencerna protein dan mengangkat sel kulit mati di bagian permukaan. Enzim juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat.

“Menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung enzim adalah cara yang paling praktis,” kata de Groot.

Anda juga bisa memanfaatkan enzim papain dalam pepaya untuk mempercantik kulit. Caranya, potong pepaya dalam bentuk dadu. Hancurkan dalam blender, tapi jangan sampai terlalu halus.

Letakkan dalam wadah, tambahkan satu sendok makan madu, aduk rata. Aplikasikan pada wajah dan leher sambil berikan pijatan, lalu bilas dengan air.

3. Kimia
Untuk eksfoliasi dengan bahan kimia, biasanya alpha hydroxy acids (AHAs), jadi bahan utama. Sebaiknya, ini ditangani oleh profesional seperti dokter kulit.

sumber: VIVAnews.com & istockphoto.com


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: