Posted by: Arnie Suryo | 9 June 2012

Trik Mudah untuk Menekan Biaya Pesta Pernikahan

Setiap pasangan tentu menginginkan pesta pernikahannya dimeriahkan sebaik dan sebagus mungkin. Namun seringkali keterbatasan dana yang menjadi kendala. Untuk itu, Anda dan pasangan harus pintar-pintar menyiasati agar biaya pernikahan tidak membengkak terlalu besar.

Ada beberapa trik sederhana untuk menekan biaya pernikahan jauh lebih hemat, dari segi pemilihan lokasi, busana pernikahan, undangan, dan sebagainya. Simak uraiannya berikut ini, seperti yang dikutip dari Suite 101 dan Genius Beauty.

1. Tempat Menikah
Sesuaikan tempat menikah Anda dengan jumlah undangan, lokasi juga perlu diperhatikan. Jangan memaksakan diri untuk menyewa gedung-gedung pernikahan yang sangat mahal. Karena gedung yang biasa-biasa saja juga bisa tampak indah dengan konsep dekorasi yang benar. Pastikan juga gedung yang Anda pilih memiliki rekanan dengan vendor lain, seperti dekorator dan katering. Karena jika tidak, ada biaya ekstra untuk memasukkan vendor pilihan Anda.

2. Pilih Musik Akustik
Band dengan instrumen lengkap seperti piano klasik, saxophone dan biola memang bisa lebih menghidupkan kemeriahan pesta. Tapi jika dana Anda terbatas, alunan musik akustik pun sudah cukup membuat suasana pesta semakin romantis. Selain itu, soundsystem yang Anda perlukan pun tak terlalu rumit, sehingga dapat menghemat biaya.

3. Minimalkan Penggunaan Bunga
Pemakaian bunga untuk dekorasi bisa membuat biaya pernikahan Anda membengkak. Kini Anda bisa menghemat pemakaian bungan dengan mengganti detail pernikahan. Misalnya dengan kain-kain warna-warni, lampion, lampu-lampu kecil dan sebagainya. Jika tetap ingin memakai bunga, pilih bunga yang sedang musim dan tidak langka, sehingga harganya lebih terjangkau. Belilah bunga dari agennya atau pergi ke pasar bunga untuk memilih sendiri bunga yang Anda inginkan. Lebih baik gunakan bunga dalam negeri, karena biasanya harganya lebih murah

4. Busana Pengantin
Biasanya, kebaya menjadi pilihan banyak wanita untuk gaun pengantinnya. Pemilihan model kebaya juga mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya. Misalnya jika Anda memilih kebaya dengan buntut panjang, berarti Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli kain serta biaya menjahit. Pililhlah desain kebaya yang detailnya tidak terlalu rumit dan banyak payet, sehingga biaya pembuatan busana bisa lebih murah. Hal ini juga berlaku untuk gaun pengantin. Anda bisa memilih gaun yang bentuknya lebih sederhana, untuk menghemat biaya. Jika ingin lebih hemat lagi, manfaatkan jasa penyewaan busana pernikahan.

5. Jumlah Undangan
Membuat daftar undangan dapat menghemat beberapa hal, yaitu jumlah cetakan undangan, jumlah porsi makanan, serta jumlah souvenir. Pastikan orang-orang yang diundang benar-benar mereka yang mengenal Anda dengan baik. Jangan membuang-buang biaya dengan mengundang orang-orang yang tak memiliki hubungan tak terlalu dekat dengan Anda maupun pasangan.

6. Lakukan Prosesi Pernikahan yang Singkat
Jika memang budget yang Anda dan pasangan sangat ketat, maka tak perlu membuat prosesi pernikahan yang panjang. Lebih baik padatkan jadwal pernikahan menjadi satu hari, misalnya bagi Anda yang muslim, gabungkan prosesi akad nikah dan resepsi menjadi satu. Begitu pula bagi yang nasrani, acara pemberkatan serta pesta resepsi juga bisa dijadikan satu hari. Selain menghemat biaya dalam hal prosesinya, budget untuk dokumentasi pun menjadi berkurang. Anda, pasangan serta keluarga besar pun tak perlu mengeluarkan tenaga yang terlalu besar untuk menjalankan prosesi pernikahan yang panjang.

7. Souvenir
Souvenir pernikahan tidak perlu mahal. Namun yang lebih penting adalah kegunaannya. Jika souvenir itu berguna, tamu pesta tak akan membuangnya. Yang perlu Anda ingat, usahakan jangan memilih souvenir terlalu besar. Anda hanya akan membuat para tamu kerepotan. Ketimbang memaksakan diri membeli barang-barang yang di luar kemampuan, lebih baik pilih souvenir sederhana seperti cokelat praline yang dibungkus dalam wadah cantik.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: