Posted by: Arnie Suryo | 27 June 2012

Seberapa Sering Scrub Wajah Sebaiknya Dilakukan?

Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi di wajah membuat wajah tampak lebih bersih, lembut dan cerah. Dr. David A. Colbert, dermatologis di New York mengatakan, eksfoliasi membantu kulit agar terjaga kemudaan dan kecerahannya.

“Eksfoliasi membantu memerangi penuaan karena dapat menstimulasi peredaran darah. Semakin tua, sel bekerja lebih lambat dan kulit mulai terlihat kusam. Jika Anda ingin wajah bersinar seperti Michelle Williams (aktris) atau Adriana Lima (model), lakukan pengelupasan kulit mati!” saran dr. Colbert, seperti dilansir Beautylish.

Namun tidak banyak wanita yang tahu seberapa sering scrub wajah sebaiknya dilakukan? Menurut dr. Colbert, eksfoliasi tergantung umur dan tekstur kulit.

“Orang yang masih muda cenderung memiliki kulit berminyak dan membutuhkan lebih banyak scrub. Sedangkan orang dengan usia yang matang, memiliki kulit wajah yang lebih tipis dan akan membutuhkan sedikit produk pengelupasan kulit mati,” tutur dr. Colbert.

Dokter kulit yang kerap menjadi narasumber di acara Oprah dan majalah Vogue serta Elle itu mengungkapkan berapa kali sebaiknya pengelupasan kulit mati dilakukan. Ia merekomendasikan, maksimal dua atau tiga kali dalam seminggu, tergantung jenis kulit Anda.

“Seseorang yang memiliki eksim atau kulit kering sebaiknya tidak mengeksfoliasi terlalu sering, dibanding dengan orang berkulit berminyak,” papar dr. Colbert.

Cara mengukur ketika kulit sudah terlalu banyak discrub adalah, kulit menjadi kemerahan, perih dan iritasi. Kalau sudah begitu, sebaiknya berhentilah untuk menscrub wajah selama beberapa hari.

Kulit kering sebaiknya melakukan scrub maksimal sekali atau dua kali dalam seminggu. Sedangkan kulit berminyak boleh dua atau tiga kali dalam seminggu.

Pilihlah produk scrub khusus wajah. Jangan menggunakan scrub badan untuk wajah, karena butiran scrub tubuh lebih kasar yang memicu iritasi kulit wajah.

sumber: wolipop.com & thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: