Posted by: Arnie Suryo | 28 June 2012

Sudah Maksimalkah Cara Kamu Membersihkan Muka?

Kemampuan para perempuan untuk merias dan mempercantik dirinya dengan make-up rasanya sudah tak perlu diragukan lagi. Mereka juga sudah lebih cekatan dalam menyesuaikan warna-warna make-up untuk berbagai kesempatan.

“Selain itu, pengetahuan yang luas dan kemudahan teknologi juga membuat perempuan Indonesia jadi lebih tahu tentang tren make-up dunia dan bisa memilih mana yang cocok untuk wajahnya,” tukas Astrid Tjahyanto, Training Manager Produk and Make-up Skill Etude House Indonesia kepada Kompas Female, dalam acara Etude Time 2 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, keterampilan merias wajah ini belum dibarengi dengan kesadaran untuk merawat kulit, khususnya kulit wajah, dengan cermat. Astrid mengungkapkan bahwa perempuan Indonesia cenderung malas merawat dan menjaga kebersihan wajah. “Seringkali karena sudah lelah dengan aktivitas sepanjang hari, mereka membersihkan muka dengan seadanya saja, atau malah langsung tidur,” ungkapnya.

Kondisi kulit wajah yang tertutup make-up seharian, dan diperparah dengan kondisi iklim yang kering dan panas, akan menjadi rusak jika dibiasakan untuk tidak dibersihkan dan dirawat secara teratur. Anda mungkin sudah membersihkan sisa make-up, baik waktu mandi ataupun sebelum tidur, tapi proses cleansing yang dilakukan seringkali tidak sempurna. Akibatnya, timbul jerawat dan kulit menjadi kusam.

Untuk membersihkan sisa make-up dengan sempurna, mulailah dengan mencuci muka dengan sabun muka yang cocok untuk kulit. Kemudian, lanjutkan dengan menggunakan toner khusus muka yang lembut. Sekadar catatan, gunakan toner dan bukan penyegar. “Toner tidak sama dengan penyegar, karena punya manfaat yang berbeda,” jelas Astrid.

Mungkin Anda mengira sabun cuci muka dapat membersihkan kotoran secara total. Namun sabun muka sebenarnya masih meninggalkan sisa-sisa timbunan sabun di kulit wajah. Nah, toner berfungsi untuk menghilangkan residu ini. Sedangkan penyegar hanya berfungsi untuk menyegarkan wajah tanpa mengangkat residu sabun. Untuk melengkapi kebersihan wajah, gunakan masker minimal seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit wajah Anda.

Proses membersihkan sisa-sisa make-up atau cleansing sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari, pada pagi hari sebelum mengaplikasikan make-up, dan malam sebelum tidur.

sumber: KOMPAS.com & TPG Images


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: