Posted by: Arnie Suryo | 4 July 2012

Uji Sensitivitas Kulit Sebelum Beli Kosmetik

Perempuan dan kosmetik adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Namun dari sekian banyak kosmetik yang beredar di pasaran, ternyata tak semuanya cocok diaplikasikan pada kulit Anda.

“Pemilihan kosmetik yang salah akan membuat kulit Anda jadi bermasalah dan mudah berjerawat,” tukas Astrid Tjahyanto, Training Marketing Product and Make-up Skill Etude House Indonesia kepada Kompas Female, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Setiap jenis kulit membutuhkan kosmetik atau produk perawatan kulit dengan tipe yang berbeda-beda. Jenis kulit sensitif biasanya akan sangat rentan pada kandungan bahan kimia yang ada pada kosmetik. Sayangnya, banyak orang hanya mempertimbangkan harga dan merek saat membeli sebuah produk kecantikan. Padahal, kosmetik yang mahal dan bermerek terkenal tidak menjadi jaminan bahwa produk tersebut akan cocok untuk semua orang.

Hal ini membuat banyak orang merasa tertipu saat membeli kosmetik tertentu. “Biasanya orang sering salah pilih kosmetik yang sesuai untuk kulitnya. Karena tidak cocok, akhirnya tidak dipakai lagi dan dibuang,” ujar Astrid.

Untuk menghindari kesalahan dalam memilih kosmetik, Astrid menyarankan sebuah cara untuk Anda. Sebelum membeli produk kosmetik atau skin care, manfaatkan tester yang disediakan. Uji sensitivitas kulit Anda dengan cara mengoleskan tipis-tipis produk tersebut pada kulit punggung tangan. Khusus untuk produk perawatan kulit wajah, oleskan pada bagian belakang telinga di antara rahang.

“Kulit bagian ini lebih sensitif daripada bagian lainnya, sehingga bisa memberi respons yang cukup cepat ketika terkena bahan aktif produk yang dioleskan,” jelasnya.

Setelah itu diamkan sekitar lima menit. Jika dalam waktu lima menit tidak ada reaksi gatal atau kemerahan, artinya produk ini cukup aman untuk kulit Anda.

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: