Posted by: Arnie Suryo | 5 July 2012

Cara Mudah Atasi Mata Sembab

SEMUA orang mungkin pernah mengalami mata sembab. Hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap penampilan Anda hingga menjadi tidak percaya diri.

Masalah mata sembab biasanya dapat diakibatkan oleh banyak hal, misalnya efek dari begadang, terkena flu berat, atau habis menangis semalaman. Namun tentu saja, tampil dengan mata sembab bisa menurunkan rasa percaya diri Anda.

Berikut ini beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi mata sembab, seperti dilansir Natural Beauty.

Timun

Timun bukan saja baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa digunakan untuk mata yang sembab karena kandungan astringent yang membantu menyegarkan mata. Cara menggunakannya, dengan mendinginkan beberapa irisan timun dalam kulkas, kemudian kompreskan di kelopak mata selama kurang lebih 10 menit.

Es batu

Ini adalah salah satu cara yang sudah biasa digunakan. Caranya, dengan mengompres mata menggunakan es batu. Untuk mempercepat prosesnya, sebaiknya terlebih dahulu membilas wajah dengan air dingin. Jika tidak ada es batu, sendok yang dimasukkan ke dalam kulkas juga bisa dikompreskan ke bagian sekitar mata yang membengkak.

Kentang

Sejak beberapa tahun yang lalu, orang Eropa percaya bahwa kentang bisa menghilangkan sakit kepala, pegal-pegal, dan berbagai iritasi mata. Untuk mengatasi mata yang sembab, kupas kentang segar yang sudah dicuci dan diparut, lalu bungkus dengan memakai selembar kain, kompreskan pada mata yang sembab.

Teh celup

Seduh teh celup sebanyak dua kantung dengan air panas, lalu angkat. Setelah itu kompreskan ke kelopak mata, tutupi dengan kain selama lima sampai 10 menit. Gunakan teh hijau atau teh hitam karena kandungan kafein di dalamnya dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata.

Garam

Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam seperempat liter air putih. Celupkan kapas ke dalam air hangat dan kompreskan ke mata Anda yang sembab.

sumber: okezone.com & Corbis


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: