Posted by: Arnie Suryo | 6 July 2012

Solo Batik Carnival 2012

Aku berkesempatan merias peserta Solo Batik Carnival 2012 yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-5. Biasa disebut sebagai rias fantasi, aku menyeseuaikan tema riasanku dengan kostum yang mereka kenakan. Tantanganku adalah membuat wajah mereka tetap terlihat cantik dan beraura diantara begitu besarnya kostum mereka. Selain itu, aku juga harus membuat riasan di wajah mereka tahan lama dan tidak luntur sepanjang mereka berjalan di dalam karnaval tersebut hingga selesainya acara, kurang lebih 8 jam sejak mereka dirias.

Sekilas tentang Solo Batik Carnival:

Kota Solo memang identik dengan batik. “Batik is live, Solo is batik” begitulah kira-kira menyebutnya.

Solo Batik Carnival tahun ini hadir dengan nuansa yang lebih fresh. Empat rangkaian Meta dihadirkan dalam setiap kelompok. Kelompok I berupa rancangan dasar bentuk bulat, kelompok II berbentuk kerucut, kelompok III rancangan bentuk segi banyak dan kelompok IV adalah kelompok anak-anak dengan bentuk dasar flora dan fauna.

SBC lima kali ini menampilkan proses perjalanan kain batik yang berawal dari kain putih sampai menjadi batik yang indah. Selain itu, peserta pun didaulat untuk kreatif, inovatif dan original dalam memodifikasi kostum.

Batik adalah identitas bangsa yang merupakan warisan agung. Batik adalah milik masyarakat. Dengan adanya perhelatan seperti ini, semoga mampu dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat. Inovatif, kreatif dan original semoga juga mampu terwujud pada SBC kali ini.

So, Lewat Solo Batik Carnival 5 ini kita gali kreativitas dan imajinasi batik nusantara.

sumber: solobatikcarnival.com


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: