Posted by: Arnie Suryo | 7 July 2012

Kesalahan yang Membuat Biaya Pesta Pernikahan Membengkak

Pesta pernikahan adalah momen sekali seumur hidup dan kebanyakan wanita ingin membuat pesta yang mewah dan sulit dilupakan. Namun ekspektasi yang tinggi tersebut kadang tidak sesuai dengan biaya pernikahan yang sudah disiapkan. Untuk membuat pesta pernikahan yang sesuai harapan dan kantong Anda, hindari 10 kesalahan dalam merencanakan pesta pernikahan yang akan menghabiskan uang Anda, yang dilansir dari All Women Stalk.

1. Tidak Memprioritaskan Budget
Ketika merencanakan pesta pernikahan, Anda dan pasangan pasti akan asyik membuat rencana untuk pesta pernikahan yang tidak akan terlupakan, namun terkadang melupakan budget yang telah dibuat sebelumnya. Untuk itu, jadikan budget prioritas utama Anda untuk lebih menghemat pengeluaran. Carilah alternatif pesta pernikahan yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

2. Tuntutan Lingkungan
Sebuah pesta pernikahan tidak selalu murni dari perencanaan si calon pengantin. Tidak bisa dipungkiri akan ada banyak masukan-masukan yang justru membuat pengeluaran membengkak. Seperti menyewa kamar hotel tambahan, gaun pernikahan mahal, dan lain sebagainya. Lihat kembali daftar Anda, apakah itu barang yang benar-benar Anda butuhkan, atau sekedar tuntutan dari pihak lain?

3. Tidak Memperhatikan Syarat yang Berlaku
Dengan banyaknya hal yang harus diurus menjelang pernikahan, seringkali calon pengantin langsung meng-iya-kan tanpa membaca kembali persyaratan yang berlaku dari vendor pernikahan atau penyewaan gedung. Padahal berbagai persyaratan tambahan itu justru bisa membuat uang Anda keluar lebih banyak. Sebelum tanda tangan, jangan lupa membaca seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku saat menyewa gedung, jasa wedding organizer atau katering untuk menghindari biaya tambahan yang tidak terduga.

4. Tidak Memiliki Rencana
Seperti yang telah diungkit sebelumnya, pesta pernikahan tidak bisa lepas dari campur tangan banyak pihak. Memiliki rencana yang matang mengenai siapa memegang urusan apa, akan membuat Anda lebih hemat waktu dan juga uang tentunya.

5. Kurang Mencari Informasi
Ketika merencanakan sebuah pesta, sangat disarankan untuk membandingkan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Banyak pasangan yang hanya mendengar rekomendasi dari orang terdekat dan langsung menyetujui tanpa mencari alternatif lain. Lakukan survei ke beberapa tempat untuk melakukan perbandingan harga dan kualitas, dengan begitu akan sangat membantu Anda dalam menekan biaya pernikahan.

6. Terlalu Banyak Menyiapkan Makanan
Kekurangan makanan untuk tamu saat pesta berlangsung tentunya bisa sangat buruk, tapi bukan berarti Anda harus menyediakannya secara berlebihan. Misalnya Anda memilih sampai enam jenis makanan hanya untuk dessert, itu tidak g perlu. Kurangi pengeluaran Anda dengan cukup memilih tiga jenis makanan penutup.

7. Menangani semua Hal Sendiri
Ketika Anda merasa bisa menangani semua hal sendiri tanpa bantuan wedding organizer misalnya, itu akan memotong pengeluaran Anda. Namun, lebih berisiko untuk melupakan detail-detail penting karena banyak yang harus diurus dalam sebuah pesta. Untuk itu, mintalah bantuan kepada keluarga kedua belah pihak untuk memudahkan Anda mengatur pesta pernikahan.

8. Kurang Kreatif
Di antara banyaknya kesalahan dalam pesta pernikahan, kurangnya kreativitas calon pengantin paling banyak terlihat. Misalnya saja banyak pesta yang menggunakan bunga mawar merah sebagai dekorasi, sehingga Anda mewajibkan untuk menggunakannya juga dalam pesta Anda. Asal tahu saja, dekorasi menggunakan bunga segar dengan jumlah yang banyak bisa memakan biaya yang sangat mahal. Tapi dengan sedikit kreatifitas, misalnya mendekor pesta dengan benda daur ulang atau konsep pernikahan minimalis, Anda bisa mendapatkan sesuatu yang unik dan berbeda dengan harga yang lebih hemat.

9. Terlalu Banyak Tamu
ketika merencanakan sebuah pesta, tetaplah berpegang kepada daftar tamu yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya Anda ingin mengundang 500 tamu, jangan menambah-nambah daftar dengan mengundang semua orang yang pernah Anda kenal sehingga jumlahnya jadi ribuan. Tetaplah pada rencana mengundang 500 orang.

10. Terlalu Banyak Biaya Tak Terduga
Detail pada pesta pernikahan memang penting, namun terkadang beberapa detail tersebut tidak terlalu diperlukan saat pesta berlangsung dan hanya menambah biaya ekstra Anda. Periksa kembali daftar pesta dan hapus beberapa detail yang dirasa kurang berpengaruh pada pesta. Misalnya pemakaian lilin aromaterapi untuk dekorasi, taplak meja prasmanan dari satin terbaik atau vas bunga di setiap meja makan tamu.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: