Posted by: Arnie Suryo | 18 July 2012

4 Langkah Mudah Facial di Rumah

Facial yang rutin akan melakukan keajaiban bagi kulit Anda, tetapi tidak kantung Anda. Untungnya, dipasaran telah dibanjiri berbagai produk perawatan kulit, yang memungkinkan Anda memperoleh manfaat facial di rumah.

Una Brennan, facialist yang banyak dicari oleh celebritis seperti Sienna Miller dan Model Laura Bailey, menyarankan, “Facial yang baik akan membuat kulit terlihat sehat dan halus dan manfaat yang dirasakan habis facial akan berlangsung selama berminggu-minggu.”

Una yang baru-baru ini meluncurkan produk facial-nya sendiri membagi-bagikan tip melakukan facial sendiri di rumah. “Sebaiknya facial tidak dilakukan seminggu menjelang atau saat haid. Sebab, saat itu kulit dalam keadaan sangat sensitif,” saran Una.

1. Bersihkan wajah
Awali dengan membasuh wajah dengan air hangat. Air hangat akan bantu untuk membuka pori-pori wajah Anda, dengan begitu kulit wajah bisa dibersihkan dengan lebih dalam. Saat membersihkan wajah pilih pembersih yang oil-based, sebab produk oil based akan menyingkirkan minyak dan kotoran pada wajah Anda. Aplikasikan produk dengan gerakan memijat selama tiga menit. Ada baiknya Anda melakukan gerakan memijat ini setiap kali saat membersihkan wajah, bukan hanya saat ingin melakukan facial.

Gerakan memijat lembut saat membersihkan wajah merupakan cara sederhana untuk mencerahkan kulit kusam. Triknya pijat wajah dengan tekanan lembut dan gerakan jari memutar dari arah dalam, ke arah luar wajah Anda. Jangan terlalu keras hingga kulit terasa tertarik. Nah, pijat lebih lembut lagi di area mata. Setelah itu hapus dengan handuk bersih hangat.

2. Kelupas kulit mati
Selanjutnya, gunakan sebuah produk exfoliator pada kulit yang masih sedikit lembap. Caranya dengan mengosok kulit dengan gerakan dari bawah ke atas. Jangan gunakan terlalu banyak atau menggosok terlalu keras. Ingat produk pembersih wajah yang bersifat sebagai exfoliator (atau mengandung scrub) sebaikanya tidak digunakan lebih dari sekali atau dua kali seminggu, karena hal ini justru dapat merusak kulit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

3. Masker
Langkah berikutnya adalah dengan membubuhkan masker wajah. Pilihlah masker yang sesuai dengan masalah kulit yang Anda hadapi. Misalnya kulit sedang berjerawat gunakan masker jerawat, atau kulit wajah kusam Anda bisa menggunakan masker vitamin C. Anda bahkan dapat membuat masker sendiri dari madu, lidah buaya, stroberi atau alpukat.

Jangan lupa bubuhkan kantung teh celup (chamomile) yang sudah direndam dalam air hangat pada mata Anda saat menunggu masker kering. Setelah 15-20 menit, bilas wajah bersih. Lalu keringkan dengan cara menekan-menekan kain flanel bersih dan dingin di kulit selama 30 detik untuk menutup pori-pori, menghidrasi kulit serta mencegah jerawat.

4. Lembapkan wajah
Tahap akhir, oleskan serum! Idealnya, pilih serum yang memiliki kandungan asam hyaluronic, sebab serum ini membantu mengikat air pada kulit. Lalu tutup sesi facial ini dengan membubuhkan pelembap dan krim mata favorit Anda.

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: