Posted by: Arnie Suryo | 1 August 2012

Cara Membersihkan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Setiap orang mempunyai jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Begitu pula dalam melakukan perawatan. Anda perlu memperhatikan cara mencuci wajah yang baik agar masalah pada wajah Anda bisa teratasi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyimak empat trik berikut yang dilansir dari eHow.

1. Kulit Normal
Bagi Anda yang tidak mempunyai masalah dengan kulit wajah, sebaiknya cuci muka dua kali sehari. Bersihkan setiap pagi menggunakan air dingin dan pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel selama Anda tidur. Setelah wajah kering, oleskan pelembab, lalu taburi make up sebelum beraktivitas.

Saat sore hari, basuh wajah dengan pembersih muka yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Kemudian, terapkan facial scrub bila Anda memakai make up yang cukup ‘berat’. Anda juga perlu memakai pembersih make up untuk menghilangkan maskara atau eyeliner yang digunakan pada mata. Namun, jangan menscrub wajah setiap hari, karena dapat membuat wajah kering.

2. Kulit Berminyak
Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak butuh sedikit perhatian ekstra dalam melakukan perawatan. Hal itu juga tergantung bagaimana cara Anda mencuci wajah. Minyak dan kotoran yang nempel pada wajah bisa memperbesar pori-pori sehingga tampak berminyak. Untuk mengatasinya, bersihkan wajah minimal 2 kali sehari menggunakan pembersih muka khusus untuk kulit berminyak. Jika Anda memakai make up atau pelembab, cari produk yang bebas minyak. Cuci muka setiap pagi dan sore. Namun, alangkah baiknya kalau membersihkannya lagi sebelum Anda tidur. Gunakan pembersih wajah dan toner yang memang dibuat untuk menghilangkan minyak berlebihan.

3. Kulit Kering
Jenis kulit wajah yang kering membutuhkan perawatan special ketika membersihkannya. Basuh wajah saat pagi hari dengan air dingin tanpa menggunakan pembersih wajah. Kemudian, pilih pelembab yang cocok dengan jenis kulit kering sehingga dapat menjaga kulit Anda ketika beraktivitas. Pada malam hari, bersihkan kembali wajah Anda dengan menggunakan pembersih muka serta produk penghapus make up. Setelah itu, bersihkan wajah dengan sabun, lalu ditutup dengan pelembab.

4. Kulit Berjerawat
Wajah Anda jerawatan? Jangan menyerah ketika melakukan perawatan. Coba dimulai dengan memperhatikan cara yang tepat ketika mencuci muka. Jika Anda menggunakan tisu pembersih wajah atau produk scrub, usapkan dengan lembut dan perlahan, karena kalau digosok terlalu keras bisa membuat jerawat makin meluas. Pakai pembersih wajah yang memang khusus untuk kulit berjerawat. Jika hal itu belum bisa mengatasi masalah Anda, beli krim yang hanya dioleskan pada jerawat membandel dan terapkan selama Anda tidur. Krim tersebut membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Responses

  1. beda jenis kulit lain ya cara perawatannya.

    • Iya, Emil. Karena jenis kulit kita berbeda-beda, maka cara perawatan dan produk perawatan yang kita pakai juga berbeda tergantung jenis kulit kita. Hasilnya akan lebih optimal…


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: