Posted by: Arnie Suryo | 24 August 2012

Cara Mudah Bersihkan Kuas Make-Up

Beberapa produk kosmetik seperti blush-on, lipstik, atau shimmer, biasanya menggunakan kuas untuk memudahkan Anda mengaplikasikannya di wajah. Namun kuas-kuas ini perlu dijaga kebersihannya, agar tak menimbulkan beragam gangguan pada kulit seperti jerawat atau alergi.

Biasanya, kuas-kuas ini hanya dibersihkan dengan mencucinya di bawah air mengalir, dibilas dengan air hangat, atau sekadar dibersihkan dengan tisu saja. Cara ini terbilang tak maksimal untuk membersihkan sisa make-up, karena masih ada bakteri atau kotoran yang menempel di kuas.

Untuk membersihkan kuas make-up, gunakan cara ini:
1. Siapkan minyak zaitun, kuas make-up yang akan dibersihkan, dan selembar kain lap bersih. Kemudian tuangkan satu sendok teh minyak zaitun ke kain. Kemudian celupkan kuas make-up ke dalam minyak zaitun. Oleskan kuas ini di atas kain lap berminyak tadi. Dengan ini, sisa-sisa make-up yang menempel di sela-sela bulu kuas akan keluar semua dan menempel di kain.

Hindari mencelupkan kuas terlalu dalam sampai ke bagian pangkalnya. Celup kuas hanya di bagian ujungnya saja. Pencelupan yang terlalu dalam akan membuat kuas Anda berminyak dan tidak enak dipakai lagi.

2. Langkah selanjutnya, campurkan satu sendok teh sabun cair castille (sabun zaitun) dengan air hangat. Kemudian celupkan bagian ujung sampai tengah kuas, dan gosok dengan jari-jari Anda. Hindari mencelup semua bagian rambut kuas. Peras semua air sabun ini dari kuas, dan ulangi lagi sampai semua sisa make-up ini keluar dari kuas.

3. Terakhir, untuk menghilangkan semua minyak dari kuas Anda, celupkan ujung kuas ke dalam air cuka. Peras dan bilas dengan air panas. Keringkan kuas di atas tisu dan di tempat yang teduh. Setelah kering, kuas siap digunakan lagi selama beberapa bulan.

sumber: KOMPAS.com (Divine Caroline)


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: