Posted by: Arnie Suryo | 18 September 2012

Kesalahan Saat Cuci Muka yang Buat Kulit Tambah Kusam

Membersihkan merupakan langkah paling awal dalam perawatan wajah. Caranya pun tak boleh dilakukan sembarangan karena bisa berakibat kulit kusam dan cepat mengalami penuaan.

Menurut pakar kecantikan Dr. Pakpilai Thavisin, banyak wanita yang masih kurang tepat dalam membersihkan wajah. Umumnya mereka menerapkan facial foam atau toner dengan cara diusap atau digosok dengan tangan. Padahal, terlalu banyak gesekan pada kulit bisa membuat permukaannya justru menjadi kusam dan kasar.

“Wanita punya kecenderungan terlalu banyak mengusap wajah. Saat membersihkan, memakai toner hingga menggunakan pelembab. Semakin sering diusap, kulit akan semakin mengalami kerusakan. Setelah sekian lama kita (membersihkan wajah) dengan diusap, kulit bisa teriritasi dan menjadi lebih gelap,” jelas Dr. Pakpilai, saat memberikan beauty lecture di acara peluncuran Panasonic Beauty, Hotel St. Regis, Bangkok, Thailand, Kamis (13/09/2012).

Oleh karena, dokter yang juga pengusaha spa ini menyarankan untuk tidak terlalu sering mengusap wajah saat membersihkannya. Untuk meminimalisir usapan, Dr. Pakpilai menyarankan untuk melakukan facial steam atau penguapan sebelum membersihkan wajah. Saat di-steam, uap panas membuka pori-pori, air meresap ke dalam kulit dan membantu membersihkan wajah lebih mendalam.

“Facial steam bisa membersihkan debu dan kotoran lebih dalam sekaligus melembabkannya. Setelah steam, make-up akan lebih mudah terangkat sehingga tidak perlu terlalu kuat mengusap untuk membersihkannya,” tuturnya.

Lakukan penguapan menggunakan baskom berisi air panas, atau bisa menggunakan alat steamer wajah elektronik selama lebih kurang 3-6 menit. Jaga jarak antara baskom air panas atau steamer wajah sejauh 20 cm. Terlalu jauh manfaatnya tidak akan maksimal, sementara jika terlalu dekat akan terasa sangat panas.

Setelah penguapan, baru bersihkan wajah menggunakan produk yang biasa Anda pakai. Namun Dr. Pakpilai menyarankan untuk menggunakan cleansing oil, usap secara perlahan lalu angkat menggunakan spons lembut atau handuk basah.

Lalu Anda bisa menggunakan toner. Jangan mengusap menggunakan kapas, tapi tepuk-tepuk dengan kedua tangan agar meresap. Begitu juga dengan pemakaian pelembab, aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk, bukan diusap atau oles.

“Jangan digosok ya, tapi tepuk-tepuk,” Dr. Pakphilai mengingatkan. Jika diterapkan secara rutin, tips dari Dr. Pakphilai ini akan membuat kulit Anda tetap muda dan lembab sepanjang waktu.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: