Posted by: Arnie Suryo | 26 September 2012

Hal-hal Tak Terduga yang Menyebabkan Penuaan Dini

Tanpa disadari, banyak hal-hal di sekitar kita selain usia yang menyebabkan penuaan pada kulit. Sebelum hal-hal tersebut terjadi pada Anda, lebih baik mengetahuinya terlebih dahulu agar dapat dicegah sedari dini. Berikut ini hal-hal tak terduga yang dapat menyebabkan penuaan dini, dikutip dari Bold Sky.

1. Televisi
Selain berbahaya bagi mata, sinar yang dipancarkan televisi ternyata juga berbahaya bagi kulit karena dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk mencegahnya, janganlah menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat dan kurangilah waktu menonton televisi Anda.

2. Polusi
Kandungan kimia yang terkandung dalam emisi bahan bakar kendaraan dapat merusak fungsi elastisitas alami kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Maka itu, sebisa mungkin kurangilah kebiasaan Anda untuk beraktivitas di bawah matahari.

3. Terlalu Sering Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah terlalu sering dengan sabun dapat menghilangkan minyak alami wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit secara alami. Akibatnya, kulit jadi mengendur dan muncul kerutan sebelum waktunya. Untuk menghindarinya, bersihkanlah wajah Anda secukupnya, yaitu satu hingga dua kali sehari.

4. Cara Minum
Tidak hanya jenis minuman yang Anda minum, namun cara meminum minuman ternyata juga dapat menimbulkan kerutan di wajah. Minum menggunakan sedotan akan membuat kerutan dan muncul garis-garis halus pada bibir, karena terjadi tekanan pada kulit di sekitar bibir dan pipi. Minumlah air dari gelas dan batasi meminum air dari botol atau dengan sedotan.

5. Kebiasaan Makan
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidaklah baik karena asupan gula yang berlebihan dapat merusak jaringan kolagen dalam kulit. Akibatnya, kulit akan mengendur dan lebih cepat timbul kerutan.

6. Pekerjaan
Pekerjaan dapat memberikan pengaruh pada kulit Anda melalui dua cara, yaitu stres dan AC di kantor. Stres mempercepat penuaan sel, sedangkan AC membuat kulit Anda kering sehingga menyebabkan cepatnya proses penuaan. Hindari stres dengan sesekali bersantai di sela-sela jam kerja. Saat di kantor, perbanyak minum air putih dan oleskan lotion tiap 3 jam sekali untuk mecegah kekeringan kulit akibat paparan AC.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: