Posted by: Arnie Suryo | 2 October 2012

Pentingnya Memakai Losion Malam Hari

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan losion paling efektif pada saat setelah mandi. Dan, dalam sehari Anda mungkin menggunakan losion sebanyak dua kali setelah mandi. Namun menurut dr Eddy Karta, SpKK, dua kali pemakaian losion setelah mandi ternyata belum cukup untuk membuat kulit sehat.

“Sebaiknya tambahkan penggunaan losion tubuh ini saat malam hari,” jelas Eddy, saat peluncuran Citra Night Whitening di Thamrine Nine, Jakarta, Selasa (25/9/2012) lalu.

Penggunaan losion pada malam hari disebabkan kulit kehilangan kelembabannya pada malam hari, sehingga bisa mengganggu siklus regenerasinya. Maka penggunaan losion pada malam hari juga berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih cerah keesokan harinya.

Eddy menambahkan, ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan losion tubuh di malam hari menjelang tidur.

1. Regenerasi kulit
Agar kulit terlihat lebih bersinar maka kulit juga membutuhkan proses regenerasi. Proses regenerasi atau pembaharuan sel ini terjadi pada malam hari ketika kita tidur. Regenerasi sel kulit ini sebenarnya berlangsung setiap waktu, namun pada malam hari kulit beregenerasi dua kali lebih banyak.

“Untuk regenerasi sel, kulit membutuhkan bantuan dari beberapa vitamin dan juga bahan aktif agar lebih efektif,” tambahnya. Penggunaan losion sebelum tidur malam akan membantu memberi energi dalam bentuk vitamin dan bahan aktif lainnya.

Hanya saja, harus diingat bahwa pemilihan losion untuk malam hari ini tidak sama dengan losion harian. Saat memilih losion malam, usahakan untuk memilih losion yang memiliki kandungan asam lemak dan vitamin B3 yang lebih tinggi agar kulit tetap lembab.

2. Menjaga kelembaban
Penggunaan losion di malam hari akan membantu mengurangi kehilangan uap air yang terlalu banyak. Di malam hari proses trans epidermal water loss (penguapan) air dari kulit akan meningkat 25 persen dibandingkan pagi atau sore. Kehilangan uap air di kulit ini akan semakin tinggi terutama di bagian yang terbuka (tak tertutup baju) seperti kaki, tangan, dan wajah.

Aplikasi losion ini akan membantu mengurangi kadar penguapan air dari kulit saat kita tidur. Kehilangan uap air yang terlalu banyak akan membuat kulit jadi sensitif dan kering.

3. Mudah menyerap bahan aktif
“Malam hari merupakan saat paling efektif untuk mengaplikasikan berbagai produk kecantikan. Karena saat malam, kulit akan lebih mudah menyerap bahan aktif,” pungkasnya.

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: