Posted by: Arnie Suryo | 3 October 2012

Bahayanya Kosmetik Palsu

Jangan mudah tergiur membeli kosmetik dari brand kenaman dengan harga yang murah. Sebab kosmetik imitasi tersebut telah ditemukan mengandung bahan-bahan yang mengiritasi kulit dan yang bisa, dalam kasus-kasus terburuk, menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh dan otak.

Dari sepuluh item desainer make-up secara online dalam dua minggu terakhir, delapan yang ditemukan palsu ketika kemasan dan produk dibandingkan dengan yang asli.

Saat ilmuwan dari Staffordshire Scientific Services, Inggris menguji produk menggunakan metode yang sama dengan standar tes keamanan yang biasa diterapkan oleh pemerintah. Kosmetik yang palsu ditemukan mengandung bahan yang berbahaya mulai dari timah, tembaga dan merkuri untuk arsen dan kadmium, logam yang sangat berbahaya. Sebuah eyeliner MAC yang palsu terdapat 46 kali lebih banyak tembaga dari batas yang diizikan, sehingga tidak layak untuk digunakan pada mata.

Mengkhawatirkan, dermatologists juga melaporkan kenaikan jumlah perempuan di Inggris dengan kondisi kulit dipicu oleh penggunaan produk palsu. Gangguan kulit seperti jerawat dan pembengkakan hingga kondisi kulit yang serius, seperti psoriasis.

“Ini hanya masalah waktu sebelum seseorang benar-benar sakit akibat kosmetik palsu,” kata Christine Heemskerk, Trading Standards Institute, Inggris. Dia memperingatkan: “Produk-produk kosmetik palsu tidak mungkin dibuat dalam lingkungan yang steril. Mereka mungkin mengandung bahan-bahan karsinogenik yang dilarang digunakan dalam kosmetik dan dapat menyebabkan gangguan jangka panjang.

“Mereka mungkin memicu ruam dan infeksi mata serta kondisi yang lebih serius seperti keracunan timbal, yang dapat mempengaruhi organ utama, menyebabkan masalah bagi jantung, ginjal dan sistem saraf.”

Sedangkan pembuatan kosmetik asli pasti secara ketat dikontrol dan produknya diuji dengan ketat sebelum dijual bebas. Tapi pemalsu tidak mematuhi peraturan, sehingga menggunakan zat terlarang.

Agar tidak terjebak barang palsu sebaiknya beli dikonter resminya atau di situs resminya merek tersebut. Jangan mudah tergoda dengan harga murah yang ditawarkan. Nah, agar tak terjebak ada lima langkah mudah untuk mengenali produk palsu.

1. Hanya membeli secara online dari penjual berlisensi.

2. Scan kemasan dan produk untuk nomor batch. Biasanya ada di pangkal kemasan.

3. Bandingkan tutup atau kuas aplikator dengan produk asli. Yang palsu sering berbeda.

4. Perhatikan baik-baik pada font yang digunakan pada kemasan produk. Produk palsu sering berbeda dalam ukuran dari font yang digunakan pada produk asli.

5. Perhatikan perbedaan warnanya.

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: