Posted by: Arnie Suryo | 15 October 2012

Tips Mengatasi Kulit Perih Akibat Terbakar Sinar Matahari

 

Kulit perih setelah terkena matahari merupakan tanda bahwa Anda terlalu banyak terpapar sinar UV tersebut. Hal itu bisa terjadi karena Anda tidak menggunakan sunblock, sehingga sinar matahari langsung menembus kulit.

Akibatnya, kulit bukan hanya perih, tapi Anda akan merasakan kering, gatal dan bersisik. Penanganan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan tips-tips berikut ini, seperti dirangkum Prevention.

1. Air Dingin
Bilas kulit yang terasa terbakar dan perih dengan air dingin. Anda juga bisa mengompresnya dengan es batu. Kompres selama 15 menit. Lakukannya sesering mungkin, hingga Anda merasa nyaman.

2. Jangan Pakai Sabun
Anda boleh mandi dengan air dingin, tapi sebaiknya hindari pemakaian sabun mandi atau sabun wajah. Kandungan sabun hanya membuat kulit semakin kering. Kulit yang kering akan memperparah kondisi.

3. Gunakan Bahan Alami
Untuk meredakan kulit yang terbakar Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Misalnya dengan mongempres kulit dengan susu dingin, menerapkan yoghurt di bagian yang perih. Jika area mata yang terasa terbakar, Anda bisa mengompresnya dengan kantung teh bekas yang telah didinginkan sebelumnya.

4. Lembabkan
Air dingin hanya memberikan rasa nyaman pada kulit yang terbakar, namun setelah itu kulit dapat semakin kering. Untuk itu, setelah membilas dengan air, sebaiknya terapkan moisturizer atau usapkan minyak zaitun.

5. Jangan Digaruk atau Digosok
Kulit akan terasa gatal setelah terbakar sinar matahari, tapi hindari menggaruknya. Kulit yang sedang dalam keadaan sensitif bila digaruk dengan kuku atau digosok dengan scrub malah membuah iritasi. Tentu tindakan tersebut akan memperparah keadaan.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: