Posted by: Arnie Suryo | 22 October 2012

Mata dan Bibir, Paling Sensitif Saat Dirias

Banyak perempuan sangat mengandalkan make-up untuk menyempurnakan penampilannya. Hampir semua bagian wajah memiliki peluang untuk dirias, misalnya blush on untuk pipi, eye shadow untuk mata, dan lipstik untuk bibir.

“Salah satu penyebab perbedaan varian ini adalah kesensitifan kulit. Ada beberapa bagian kulit yang tidak ‘kuat’ dengan kandungan bahan tertentu, namun ada yang sebaliknya,” tukas Astrid Tjahyanto, Training Marketing Product and Make-up Skill Etude House Indonesia, saat pembukaan Etude House di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2012) lalu.

Menurutnya dari semua bagian wajah, bibir merupakan yang paling sensitif karena kulitnya yang tipis dan mudah kering. Jika bagian kulit wajah lainnya membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengenali reaksi negatif antara kulit dan make-up, bibir tidak butuh waktu lama untuk melihat efeknya. Misalnya, ketika salah pilih lipstik bibir akan langsung bereaksi menjadi kering dan pecah-pecah.

Selain bibir, mata juga menjadi bagian yang sangat sensitif karena memiliki banyak pembuluh darah di lipatan kulitnya yang sangat tipis. “Khusus untuk mata, harus ekstra hati-hati memilih krim dan riasan mata serta cara penggunaannya. Salah-salah bisa jadi alergi dan mengakibatkan gangguan penglihatan,” tambahnya.

Saat mengaplikasikan krim atau riasan mata, sebaiknya jangan menggosok atau menekan mata terlalu keras. Gerakan ini akan mengakibatkan pecahnya pembuluh kapiler di mata dan mengakibatkan mata menjadi merah sehingga mengganggu penglihatan. Daripada menggosok kelopak atau area bawah mata terlalu keras, tepuk-tepuk saja kelopak mata dengan lembut.

“Selain menghindari pecahnya pembuluh darah, gerakan ini juga akan membantu menciptakan efek natural pada riasan mata,” pungkasnya.

sumber: KOMPAS.com & Shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: