Posted by: Arnie Suryo | 27 October 2012

Cara Menghindari Stres Saat Rencanakan Pernikahan

 

Merencanakan pernikahan memang adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, banyaknya hal yang harus dipikirkan saat menyusun rencana pernikahan, tidak jarang membuat Anda juga merasa stres. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut empat tipsnya seperti dilansir dari She Knows.

1. Mematuhi Bujet yang Ditentukan
Sebelum merencanakan pernikahan, diskusikanlah dengan pasangan berapa bujet yang ingin dikeluarkan. Setelah mendapatkan angka yang disepakati, maka perhitungkanlah selalu pengeluaran Anda ketika melihat gaun pengantin ataupun memilih vendor katering. Memang hal ini membuat Anda merasa sulit memilih, namun dengan melakukannya Anda akan terbebas dari rasa stres akibat pengeluaran yang melebihi kemampuan.

2. Miliki Rencana
Setelah budget ditentukan, Anda dan pasangan dapat mulai merencanakan pernikahan, misalnya konsep pesta. Jika ada bujet berlebih, Anda bisa menyewa wedding organizer untuk mengatur hari spesial tersebut, atau mengatur pernikahan sendiri sebagai alternatif yang lebih terjangkau.

3. Jangan Mudah Terpengaruh
Saat merencanakan pernikahan, pastinya banyak pihak yang terlibat, seperti keluarga dan sahabat. Terkadang masukan yang mereka berikan tidak sesuai dengan keinginan Anda. Jika hal tersebut terjadi, jangan langsung bersikap menolak karena bisa menyakiti perasaan mereka. Katakan saja bahwa Anda akan mempertimbangkannya. Namun ingatlah untuk tetap berpegang pada pendirian Anda sendiri dan jangan mudah terpengaruh untuk melakukan apa yang tidak Anda inginkan.

4. Waktu Kerja Efisien
Daripada panik mengerjakan rencana pernikahan saat hari pernikahan sudah kian dekat, lebih baik Anda dan pasangan sudah mulai mengerjakannya satu tahun atau beberapa bulan sebelum hari H. Hal tersebut akan membuat Anda memiliki waktu senggang ketika hari pernikahan sudah mendekat dan memiliki rencana cadangan jika tiba-tiba masalah datang.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: