Posted by: Arnie Suryo | 6 February 2013

Hindari Mineral Oil Dalam Kosmetik

130206A shutterstock

Sebagai konsumen, Anda harus pandai-pandai memilih produk yang akan dibeli. Saat membeli produk makanan atau perawatan kulit, misalnya, biasakan untuk membaca label kemasan untuk mengetahui apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia atau bahan-bahan alami.

Menurut penelitian para ahli, produk kosmetik atau skincare yang harus dihindari adalah yang mengandung timah, tembaga dan merkuri, arsen dan kadmium, alumunium, hidroquinon, Sodium Lauryl Sulfate (SLS), serta logam berbahaya lainnya.

“Selain itu, Anda harus menghindari campuran mineral oil dalam produknya,” ungkap ahli dermatologi, dr Srie Prihiantini, SpKK, PhD, saat peluncuran produk skincare MooGoo di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (5/2/2013) lalu.

Mineral oil merupakan minyak bumi mentah yang sudah dimurnikan. Dalam pembuatan kosmetik, minyak mineral ini akan memengaruhi karakteristik dan kekentalan formulasi krim yang dihasilkan.

Ada anggapan bahwa penggunaan mineral oil dalam kosmetik membuat kulit jadi lebih baik. Namun sebenarnya, di industri kosmetik penggunaan mineral oil ini masih diperdebatkan keamanannya. Srie mengungkapkan, banyak ahli yang mengkhawatirkan reaksi jangka panjang dari penggunaan minyak mineral. Reaksinya antara lain mengubahnya menjadi senyawa yang bersifat karsinogenik (pemicu kanker), menyebabkan kulit kering, menimbulkan jerawat, hingga penuaan dini.

“Penggunaan kosmetik yang mengandung senyawa ini bisa berbahaya untuk Anda yang punya jenis kulit berminyak. Minyak ini akan membentuk lapisan di permukaan kulit sehingga akan menutup pori-pori kulit. Akibatnya, pengeluaran toksin dan sirkulasi udara di kulit jadi terganggu dan menyebabkan jerawat,” ujarnya.

Agar lebih aman, ada baiknya Anda memilih produk kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami.

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: