Posted by: Arnie Suryo | 15 February 2013

Wajib Tahu Cara Benar Bersihkan Wajah

130215A istimewa

Pulang kantor, lelah, tapi kotoran dan sisa make up masih menempel di wajah. Membersihkan wajah pun dilakukan seadanya. Padahal, kulit wajah harus dalam keadaan bersih saat tidur.

Belum lagi jika Anda harus menggunakan serum atau krim malam. Agar krim meresap sempurna ke dalam lapisan kulit, kebersihan kulit jadi faktor penting. Banyak yang tak tahu bagaimana membersihkan wajah yang benar. Biasanya, sabun pembersih langsung ditempelkan di wajah, lalu digosok secara keras.

“Menggosok wajah dengan keras bisa membuat kulit tergores, bahkan luka. Kulit harus dibersihkan secara lembut dan menggosok dengan keras tak menjamin mengangkat kotoran secara efektif,” kata Fumiyo Imai, ahli kecantikan dari Jepang di salon wajah Rosereve, Plaza Semanggi, Jakarta.

Bagi Anda yang mengenakan riasan cukup tebal, langkah pertama membersihkannya adalah menggunakan krim pembersih dan kapas atau make up remover. Riasan biasanya tak akan terangkat sempurna jika hanya mengenakan sabun pembersih.

“Aplikasikan krim atau make up remover di kapas, lalu aplikasikan pada area wajah dengan riasan tebal. Gosok saja secara perlahan, yang penting semua make up terangkat,” ujar Imai.

Setelah sisa make up bersih baru gunakan sabun atau foam untuk membersihkan keseluruhan kulit wajah. Saat menggunakannya, ada cara khusus agar pembersihan jadi lebih efektif. Pertama bersihkan dulu tangan, lalu aplikasikan sabun ke telapak.

“Saat sabun di telapak, campur sedikit air lalu lakukan gerakan melingkar dengan tangan hingga membentuk banyak busa. Busa inilah yang diaplikasikan pada wajah,” kata Imai.

Dagu adalah area wajah pertama yang dibersihkan, tempelkan saja busa pembersih, lalu pijat lembut menggunakan jari tengah atau jari manis. Setelah itu, bersihkan area T, sepanjang hidung hingga atas alis.

Lanjutkan membersihkan area dahi tetap dengan dua jari tengah dan manis. Lalu terakhir bersihkan area pipi dan leher, sambil beri pijatan ringan. “Jari tengah dan jari manis digunakan karena tenaga yang dikeluarkan untuk mengggunakannya tak besar, tak seperti jari telunjuk. Sehingga pijatan lebih efektif dan tak berisiko melukai kulit,” ujar Imai.

Untuk membilas, air yang paling baik digunakan adalah yang hangat-hangat kuku. Tak terlalu dingin ataupun terlalu panas. Pastikan sisa formula pembersih tak ada lagi setelah dibilas. Segera keringkan dengan handuk berbahan lembut, dan sekali lagi jangan digosok.

Cukup tekan-tekan handuk pada kulit untuk menyerap air. Kulit pun bersih maksimal. Anda bisa mengenakan krim perawatan malam hari dan tidur dalam keadaan bersih. Keesokan paginya, kulit wajah akan lebih lembab dan terlihat cerah.

sumber: VIVAlife &  ist.


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: