Posted by: Arnie Suryo | 6 March 2013

Perawatan Kulit Harian Agar Tetap Segar & Awet Muda di Usia 40-an

130305A Thinkstock

Apa persamaan antara Jennifer Lopez, Jennifer Aniston dan Cameron Diaz? Ketiganya sama-sama sukses dalam karir, juga tetap cantik dan muda di usianya yang sudah 40-an tahun.

Kecantikan mereka pun kerap membuat iri wanita yang juga mulai menapaki usia matang. Tentu saja, wajah yang bersinar dan awet muda tidak mereka dapatkan dengan mudah. Fisik mereka banyak ditunjang dengan ritual perawatan kecantikan dan produk kosmetik mahal berharga jutaan rupiah.

Tapi bagi Anda yang mulai menginjak usia 40 dan ingin tetap cantik, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Anda bisa melakukan perawatan harian sendiri dengan biaya yang lebih murah asalkan dilakukan dengan rutin. Sebelum mengetahui tipsnya, Anda perlu tahun apa yang terjadi pada kulit begitu mencapai usia 40-an.

Dijelaskan dermatologist dari Sri Balaji Action Medical Institute, Dr. Nipun Jain, saat usia 40 kulit cenderung menjadi kering. Kerutan dan garis halus pun mulai terlihat. “Termasuk juga warna kulit tidak merata dan lebih sensitif. Menurunnya hormon estrogen dan progesterone menyebabkan kurangnya kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Elastin dan komponen penting lainnya dalam kulit tak stabil, mengurangi produksi sebum dan membuat kulit menjadi tipis, kering dan dampak negatif lainnya,” urai Dr. Nipun, seperti dikutip dari Times of India.

Untuk merawat agar kulit tetap sehat, cantik dan terjaga kelembabannya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan setiap hari. Pertama adalah perbanyak olahraga. Aktivitas fisik akan meningkatkan sirkulasi darah yang memicu bertambahnya oksigen sehingga kulit lebih segar. Minum banyak air sesuai kebutuhan dan hindari makanan berminyak serta berlemak.

Sedangkan untuk perawatan kecantikan, ada tiga ritual penting yang harus diperhatikan. Ini dia:

1. Membersihkan
Dr. Nipun menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah dengan formula cream. Sabun muka bertekstur creamy umumnya mengandung bahan alami untuk membersihkan wajah sekligus melembabkannya. Pilih pembersih yang mengandung AHA.

2. Pelembab & Tabir Surya
Rajin memakai pelembab kemudian dilanjutkan tabir surya akan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan sinar matahari. Hal ini akan meminimalisir terjadi penuaan kulit. Pilih pelembab berbahan hyaluronic acid, shea butter atau minyak zaitun. Selanjutnya oleskan krim tabir surya minimal 40 atau 50 SPF.

3. Krim Malam
Gunakan pelembab yang mengandung retinoid, atau krim retinoid yang diresepkan dokter. Retinoid merupakan bahan aktif yang berguna mengatasi efek penuaan. Retinoid menstimulasi kulit untuk memproduksi kolagen dan hyaluronic acid sehingga kulit lebih kencang. Bahan ini juga mengurangi flek kecoklatan, menebalkan epidermis dan mencegah terjadinya kanker kulit akibat sinar UV. Jika kulit Anda cenderung sensitif terhadap retinoid, gunakan hanya setiap dua hari sekali.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: