Posted by: Arnie Suryo | 8 March 2013

Wajah Berminyak Setelah Dirias? Ini 6 Solusinya

130308A istockphoto

Alih-alih ingin tampil cantik, wajah justru tampak mengkilap dan sangat berminyak. Masalah ini sering muncul setelah aplikasi foundation atau concealer. Pemicunya bisa jadi karena kulit Anda yang memang tipe berminyak dan salah memilih formula riasan.

Wajah yang berminyak setelah dirias juga bisa jadi tanda penuaan kulit. Agar Anda terhindar dari tampilan wajah berminyak setelah dirias, pastikan menggunakan riasan yang tak mengandung minyak tinggi atau formula pengontrol produksi minyak. Lalu, lakukan enam langkah berikut.

– Bersihkan wajah

Selalu cuci wajah sebelum mengaplikasikan riasan. Ini adalah langkah standar yang banyak diabaikan oleh wanita. Air dapat membantu membuang minyak berlebih yang ada pada permukaan kulit sehingga riasan bisa menempel sempurna.

– Gunakan scrub
Jika Anda memiliki kulit berminyak, bersihkan wajah dengan formula yang mengandung scrub lembut. Scrub membantu mengurangi minyak dari dalam pori-pori kulit dan mengontrol produksinya.

– Aplikasikan es batu
Cara terbaik untuk mencegah wajah berminyak karena riasan adalah dengan mengaplikasikan es batu pada wajah sebelum dirias. Es batu, seperti dilansir dari Bold Sky, dapat membantu menenangkan kelenjar minyak di bawah permukaan kulit sehingga riasan wajah akan terlihat tetap segar bahkan saat cuaca panas.

Jangan gunakan liquid foundation
Jika wajah Anda cenderung berminyak, hindari menggunakan foundation cair. Foundation cair adalah basic make-up terbaik. Namun para wanita yang memiliki jenis kulit berminyak harus menghindarinya. Lebih baik pilih matte foundation karena tak mengandung minyak.

– Jaga penggunaan concealer
Foundation memang dapat Anda temukan dalam bentuk dry atau kering. Namun, concealer selalu dibuat dengan oil based. Untuk itu, batasi penggunaan concealer pada wajah. Ingat, concealer hanya berguna untuk menyembunyikan kekurangan pada wajah dan membuat warna kulit jadi lebih cerah.

– Gunakan bedak bubuk atau bedak tabur

Selalu aplikasikan dry foundation powder atau gold dust untuk penyelesaian makeup Anda. Make up dalam bentuk bubuk seperti bedak lebih dapat menyerap minyak dari wajah.

Sedia kertas minyak untuk wajah
Selalu sediakan kertas minyak khusus untuk wajah sehingga dapat segera digunakan ketika minyak pada wajah terlihat berlebihan. Selain praktis, kertas wajah juga sangat ampuh dalam menyerap minyak sehingga tampilan wajah dapat kembali bersih.

 

sumber: VIVAlife & istockphoto


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: