Posted by: Arnie Suryo | 14 March 2013

Jangan Pakai Losion Saat Berkeringat

130314A shutterstock

Cuaca yang panas membuat kulit menjadi lebih cepat kering dan kusam. Agar kulit kering ini tak berkembang jadi masalah yang lebih serius, maka rawatlah kulit agar tetap lembab.

“Bukan cuma wajah saja yang perlu diberi pelembab. Bagian tubuh lain juga harus diberi losion tubuh agar tetap terjaga kelembabannya,” ungkap cosmetologist dan dermatologist Juliana Yu, MDH, kepada Kompas Female, saat peluncuran losion tubuh di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan bahwa saat paling tepat untuk menggunakan losion adalah setelah selesai mandi. Usai mandi, pori-pori kulit akan terbuka sehingga kulit lebih mudah menyerap vitamin dan kandungan lain dalam losion. Namun Juliana mengatakan, ada beberapa kondisi di mana Anda tak bisa mengoleskan losion tubuh.

1. Berkeringat
Ketika berkeringat, secara otomatis produksi kelenjar minyak dan keringat akan sangat meningkat dan menumpuk di permukaan kulit. Lapisan keringat dan minyak ini akan menjadi penghambat penyerapan nutrisi dan vitamin dari losion ke dalam kulit. Selain itu, keringat dan minyak yang keluar akibat aktivitas berlebihan ini juga mengandung bakteri, sehingga pengaplikasian losion malah membuat kotoran dari keringat ini tersebar merata di kulit.

Sebagai solusinya, Juliana menyarankan untuk mengeringkan dan membersihkan kulit terlebih dulu. Jika tidak memungkinkan untuk langsung mandi, sebaiknya lap tubuh Anda dengan air hangat. Pembasuhan kulit dengan lap ini berfungsi untuk mempersiapkan kulit menerima nutrisi dan membuka pori-pori. Setelah kering, oleskan losion ke seluruh tubuh.

2. Terpapar matahari langsung dalam waktu lama
Setelah beberapa lama terpapar matahari, kulit pasti akan terasa kering, kusam, dan sedikit perih. Dalam kondisi inilah biasanya Anda akan mencari solusi praktis untuk “mendinginkan” kulit. Dan losion menjadi cara yang banyak dipilih perempuan untuk mengatasi rasa panas di kulit.

Namun, “Hindari menggunakan losion saat kulit terasa panas dan perih,” tambahnya. Saat kulit terkena sinar matahari langsung, pigmen kulit akan rusak dan perubahan suhu drastis dari panas ke dingin akibat penggunaan losion justru akan semakin merusak pigmen dan struktur kulit.

Ketika kulit terpapar matahari dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk menurunkan suhu kulit secara alamiah beberapa saat. Setelah suhu kulit normal, bersihkan kulit dengan lap hangat, kemudian gunakan losion tubuh yang mengandung UV protection.

 

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: