Posted by: Arnie Suryo | 2 May 2013

5 Faktor Utama Penyebab Terjadinya Flek Hitam

130758_kebiasaan

Setiap wanita menginginkan kulit yang halus dan mulus tanpa noda. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki kondisi kulit tersebut. Noda dan flek hitam seringkali ‘menghiasi’ wajah mereka.

Meski telah melakukan berbagai perawatan terkadang flek hitam sulit dipudarkan. Sebelum melakukan banyak perawatan untuk menghilangkan bintik hitam tersebut, sebaiknya ketahui penyebab terjadinya flek hitam.

“Salah satu tanda penuaan kulit adalah flek. Kondisi flek adalah berupa bercak-bercak kecoklatan yang timbul pada permukaan kulit akibat proses penuaan. Kondisi tersebut diperburuk oleh kondisi paparan sinar matahari,” ujar Dr. Vinia Permata, SpKK, pada acara Wonderful Outing with Wardah di Green Forest Resort, Bandung baru-baru ini.

Dr. Vinia memaparkan beberapa hal yang menyebabkan flek hitam. Ini dia!

1. Sinar Ultraviolet
Sinar matahari menjadi penyebab utama terjadinya flek hitam. Sehingga menggunakan sunblock sangat penting untuk melindungi kulit dari ‘jahatnya’ sinar ultraviolet.

“Sinar Ultraviolet merusak gugus sulfihidril di epidermis sehingga tidak bisa berikatan dengan ion Cu dari enzim tirosinase. Akibatnya tak ada yang menghambat proses pigmentasi sehingga membentuk pigmen-pigmen yang akan terjadinya flek,” ungkap doker estetika yang berpraktek di Erha Clinic itu.

2. Hormon
Hormon juga menjadi penyebab flek hitam di wajah. Biasanya hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). “Bila pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada ibu hamil, biasanya terjadi pada trisemester ketiga, juga pada pemakai pil kontrasepsi,” papar dr. Vinia.

3. Obat
Disamping itu, obat-obatan juga dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. “Jika seseorang mengonsumi obat-obatan difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin maka flek bisa muncul,” ungkap dr. Vinia.

4. Genetik & Ras
Selain itu, pigmentasi juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Dr Vinia menjelaskan, biasanya timbul flek karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen. Selain itu, faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek. Biasanya dijumpai pada golongan Hispanik dan golongan kulit berwarna gelap.

5. Kosmetika
“Banyak sekali kosmetik yang menjadi penyebab flek hitam di wajah, terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan fotosensitivitas,

“Fotosensitivitas adalah kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalnya kita memakai blush on, nah blush on-nya itu mengandung fotosensitivitas, sehingga daerah tersebut rentan sinar matahari, sehingga pipi timbul flek hitam,” urai doker cantik tersebut.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: