Posted by: Arnie Suryo | 18 May 2013

6 Kesalahan yang Membuat Biaya Pernikahan Jadi Boros

130518A Thinkstock

Merencanakan pernikahan jika tidak hati-hati dan detail bisa membuat Anda berakhir jadi terlalu boros dalam mengeluarkan uang. Memang tidak mudah untuk menekan segala keinginan terutama dengan kehadiran situs jejaring sosial seperti Instagram atau Pinterest yang menghadirkan berbagai konsep pernikahan. Sebaiknya hindari enam kesalahan ini jika tak mau budget pernikahan jadi membengkak.

1. Lokasi
Jika memang budget Anda terbatas, tentunya Anda harus menghindari hal yang menyebabkan pemborosan. Ketika menentukan lokasi pernikahan, jangan pilih yang banyak menawarkan terlalu banyak detail demi mendapatkan suasana mewah. Ingatlah, pernikahan ini sebenarnya tentang hari bahagia Anda dan suami bukan tentang menikah di ballroom hotel besar dengan puluhan lampu chandelier yang menghiasi ruangan. Selama lokasi pernikahan tersebut layak untuk menampung seluruh tamu undangan, itu sudah cukup. Dekorasi tidak perlu heboh agar budget tidak membengkak.

2. Hiburan Spesial
Menghadirkan band atau penyanyi untuk menghibur tamu sama sekali bukan hal yang harus dipermasalahkan jika memang itu sudah Anda budgetkan. Yang sebaiknya dihindari adalah menghadirkan penghibur yang sebenarnya tidak perlu seperti penari atau pesulap. Kalau memang budget terbatas, jangan terlalu berlebihan dalam merencanakan entertainment untuk para tamu.

3. Lupa Membaca Kontrak
Sebelum menandatangani transaksi dengan pihak-pihak tertentu seperti misalnya pihak wedding organizer ataupun hotel, pastikan untuk memperhatikan perjanjian dan harga yang sesuai dengan pilihan Anda. Jika tidak, maka Anda dapat menjadi pihak yang dirugikan.

4. Terlalu Banyak Tamu Undangan
Anda dan suami tidak perlu mengundang semua teman di Facebook atau situs jejaring sosial lainnya. Teman-teman sejak di sekolah dasar jika memang tak terlalu akrab hingga sekarang juga bukan termasuk orang yang perlu diprioritaskan untuk diundang. Pikirkan budget Anda dan berapa yang harus dibayar untuk setiap makanan para tamu undangan itu. Berpikirlah realistis dalam memilih siapa saja yang mau diundang.

5. Terlalu Banyak Tambahan
Banyak pengantin yang menginginkan pernikahannya terlihat spektakuler hingga akhirnya mengeluarkan biaya yang tidak seharusnya pada tambahan detail seperti dekorasi dan makanan. Untuk itu, batasi pengeluaran untuk detail pernikahan yang tidak terlalu dibutuhkan.

6. Malas Survei
Banyak pasangan yang akan menikah tidak berkeliling ke beberapa tempat terlebih dahulu untuk membandingkan harga yang ditawarkan sehingga kadang menyesal setelah bertransaksi. Maka itu, sebelum memutuskan memilih tempat menggelar resepsi pernikahan, catering, undangan, souvenir, gaun pengantin dan lain-lain, cobalah datangi beberapa tempat berbeda untuk membandingkan harga sehingga dapat menghemat pengeluaran Anda dan pasangan.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: