Posted by: Arnie Suryo | 22 May 2013

5 Kesalahan Umum Saat Pakai Maskara

1528423p

Maskara digunakan untuk mempercantik mata. Penggunaan maskara ini akan memberi ilusi bulu mata yang lebih tebal dan panjang dibandingkan bulu mata asli Anda. Sayangnya, memakai maskara tidaklah semudah yang dibayangkan. Salah cara pakainya, bisa-bisa maskara jadi menggumpal atau terlalu tebal di bulu mata.

Mengapa sampai terjadi kesalahan seperti itu? Ada beberapa penyebabnya:

1. Terlalu banyak lapisan
Kebanyakan maskara biasanya hanya diciptakan untuk dua kali lapisan. Namun, untuk menciptakan efek bulu mata yang tebal, Anda langsung mengoleskan maskara berulang-ulang (lebih dari dua kali). “Semakin banyak lapisan yang dioleskan, kemungkinan besar lapisan-lapisan tersebut tidak akan kering sempurna,” ungkap make-up artist, Kate Lee. Menumpuk maskara yang basah di atas maskara yang sudah kaku akan membuat bulu mata Anda terlihat sangat kaku.

2. Mengocok tabung
Saat ingin memakai maskara, biasanya Anda mengocok dulu tabungnya. Selain mengocok, ada juga yang menaik-turunkan aplikator ke dalam tabung (seperti gerakan memompa). Jika ingin hasilnya maksimal, sebaiknya hindari mengocok tabung ini. Proses pengocokan akan memasukkan udara ke dalam tabung maskara. Udara ini akan menyebabkan cairan maskara jadi kering, menggumpal, dan membentuk serpihan kecil saat diaplikasikan.

3. Menyimpannya terlalu lama
Seperti makanan, maskara juga memiliki batas simpan. Biasanya, make-up memiliki umur simpan sampai enam bulan saja. Jika Anda tak bisa mengingat kapan Anda membeli maskara atau sudah berapa lama menyimpannya, sebaiknya jangan menggunakannya lagi. Dalam masa kedaluarsa ini, kuman akan tumbuh dan menyebabkan iritasi, gatal, atau penyakit mata yang menular.

4. Menggunakannya di batang bulu mata
Menggunakan maskara memang tak mudah, karena Anda harus mengoleskannya mulai dari pangkal (akar) bulu mata. Hanya saja kebanyakan orang tidak mengoleskan maskara dari akarnya, melainkan dari batang bulu mata. “Jika Anda tidak mengoleskan maskara mulai dari akarnya, maka bulu mata Anda akan terlihat lebih pendek dari aslinya,” jelas make-up artist, Diane Kendal.

5. Terlalu banyak tekanan

Ketika mengaplikasikan maskara sebaiknya jangan terlalu menekannya. “Memakai maskara dengan tekanan yang terlalu kuat akan meninggalkan bekas kuas pada kelopak mata. Dan ini terlihat seperti Anda pakai maskara di dalam mobil,” ungkap make-up artist, Jillian Dempsey. Sebaiknya, gunakan maskara dengan lembut dan perlahan agar hasilnya maksimal dan halus.

 

sumber: KOMPAS.com (Allure) & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: