Posted by: Arnie Suryo | 4 June 2013

7 Langkah Pertahankan Keindahan Bulu Mata

157914_bulu-mata-palsu_663_382

Bulu mata seringkali diabaikan dalam melakukan ritual perawatan sehari-hari. Efeknya, jadi mudah rontok dan menipis. Banyak wanita tidak tahu bagaimana cara yang tepat merawat bulu mata.

Padahal bulu mata yang indah dapat secara instan mengubah tampilan wajah jadi lebih segar. Jangan biarkan bulu mata rusak dan rontok dan pertahankan keindahannya dengan tujuh langkah ini.

1. Bersihkan make up

Hal pertama yang wajib dilakukan setiap wanita adalah membersihkan make up sebelum tidur. Membiarkan maskara tetap menempel pada bulu mata saat tidur akan menyebabkannya rontok. Jika hal ini terus menerus terjadi maka bulu mata panjang dan tebal tidak akan Anda dapatkan.

2. Sikat bulu mata

Menyikat bulu mata Anda juga merupakan hal penting dalam merawatnya. Caranya, gunakan sikat khusus dan lakukan setiap hari pada pagi hari. Ini akan membuat folikel-folikel bulu mata terpisah dan memberikan tampilan bulu mata yang lebih penuh. Tak hanya itu, menyikat bulu mata juga akan memberi sentuhan alami sehingga tetap terlihat indah saat tidak memakai maskara.

3. Aplikasi pelembap
Sama seperti rambut, bulu mata Anda juga membutuhkan pelembap agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik. Caranya adalah dengan menggunakan sikat bulu mata atau sikat maskara yang bersih. Hal ini akan membuat bulu mata Anda terlihat lebih penuh dan dapat tumbuh lebih panjang. Kondisioner bulu mata dapat Anda dapatkan dengan mudah di toko kecantikan. Atau, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun sebelum tidur.

4. Jangan mengucek mata

Hal yang satu ini seringkali dilupakan padahal merupakan hal penting untuk menjaga bulu mata. Mengucek atau menggosok bulu mata dengan tangan dapat menarik bulu mata hingga akar-akarnya sehingga akan mudah rontok. Jika mata gatal, lebih baik pijat sentuh perlahan kelopak mata perlahan daripada menggosoknya.

5. Kurangi bulu mata palsu
Bulu mata palsu memang benda praktis untuk memberikan tampilan bulu mata yang lentik, tebal dan membuat mata terlihat lebih menonjol. Walaupun begitu, lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu dapat berbahaya bagi bulu mata asli. Saat akan melepas bulu mata palsu, bulu mata asli seringkali ikut tertarik dan menyebabkan kerontokan.

6. Hati-hati dengan penjepit bulu mata
Penjepit bulu mata biasa digunakan sebelum mengaplikasikan maskara. Para wanita seringkali menjepit terlalu keras untuk mendapatkan bulu mata yang lentik secara maksimal. Hal tersebut, seperti dikutip dari All Womens Talk, berbahaya bagi akar bulu mata yang seringkali tercabut.

7. Beri waktu istirahat
Menjepit bulu mata dan memakai maskara setiap hari akan membuat bulu mata rapuh dan mudah rontok. Beri waktu pada bulu mata Anda untuk berisitirahat sejenak dari hal-hal tersebut. Tak ada salahnya sesekali pergi ke luar rumah tanpa memakai maskara.

 

sumber: VIVAlife & istockphoto


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: