Posted by: Arnie Suryo | 1 August 2013

Dampak Tidak Membersihkan Make-up Sebelum Tidur

130801A Thinkstock

 

Pulang larut malam dan kelelahan menjadi alasan wanita tidak membersihkan make-up di malam hari. Dalam survei baru-baru ini, satu pertiga wanita yang mengikuti survei mengaku tidur dengan make-up minimal dua kali dalam seminggu.

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa malas membersihkan wajah berakibat fatal bagi kulit. Daily Mail, merangkum apa saja dampak bila malas tidak membersihkan make-up sebelum tidur.

1. Kulit Kering
Tidur menggunakan make-up, kulit wajah jadi tidak bernafas dan memperlambat proses regenerasi kulit. Akibatnya kulit mati jadi menumpuk dan kering. Di malam hari, wajah juga membutuhkan kelembaban ekstra sehingga sangat penting menggunakan moisturizer untuk mencegah kulit kering. Jadi, sudah malas membersihkan make-up ditambah tidak menggunakan pelembab di malam hari, maka dampaknya kulit bisa sangat kering bahkan pecah-pecah.

2. Mempercepat Kerutan
“Ketika kulit kering, kulit menjadi kurang elastis jadi kerutan lebih terlihat,” ujar Dr Stefanie Williams, direktur medis di klinik European Dermatology London, Inggris.

Kerutan biasanya mudah muncul di dahi dan sekitar mata. Bila jarang membersihkan make-up di malam hari, kerutan bisa lebih dalam lagi dan muncul di area lain.

3. Iritasi
Produk make-up mengandung banyak bahan-bahan kimia, belum lagi sudah tercampur polusi dan debu. Bila wajah tidak dibersihkan, maka kulut bisa gatal, tumbuh jerawat dan iritasi. Dr. Williams menjeleaskan, tidur dengan make-up membentuk efek oklusi (membentuk penghalang di permukaan kulit). Itu berarti bisa menyebabkan iritasi, memperparah reaksi alergi dan pelembab alami kulit terkunci di dalam lapisan kulit, sehingga tidak dapat membantu memperbaiki kulit.

4. Pori-pori Besar
Make-up wajib dibersihkan dari wajah untuk mencegah kotoran terjebak di dalam pori-pori. Bila tidak begitu, dapat menimbulkan komedo. Tidak hanya itu, penampilan pori-pori pun jadi membesar. Wajah jadi terlihat bersisik, kusam dan tua.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: