Posted by: Arnie Suryo | 12 August 2013

Kulit Sehat dan Awet Muda Selamanya

130812A shutterstock

 

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan mulai kehilangan kelembaban dan menjadi lebih rentan terhadap masalah kulit. Namun, ada cara alami yang tersedia untuk memperlambat proses penuaan dan terlihat muda setiap saat. Syaratnya, jadikan hal ini kebiasaan sejak semula.

Minum banyak air. Tubuh manusia 60 persennya terdiri atas air. Rutinitas sehari-hari akan menguras kadar air yang ada di dalam tubuh, sehingga perlu diisi ulang setiap harinya. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal delapan gelas setiap hari.

Memiliki kandungan air yang cukup dalam tubuh akan menjaga organ internal Anda terhidrasi serta dalam kondisi kerja yang baik. Selain itu, dapat membantu sistem pencernaan Anda berjalan lancar dan menghentikan ketidakteraturan usus.

Selain itu, air juga akan membantu kulit Anda yang sebenarnya terlihat fleksibel, dinamis, dan lentur, serta mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Kurangi stres. Penelitian mengungkapkan, stres memicu proses penuaan lebih cepat. Ketika Anda stres, Anda kehilangan keseimbangan tubuh alami, yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan pada sekresi hormon tubuh, perbaikan sel, dan generasi kolagen.

Ada banyak cara untuk mengurangi tekanan stres. Anda dapat mengalihkan perhatian pada berbagai hal yang positif, seperti melakukan olahraga secara rutin. Latihan yoga, teknik pernafasan dan meditasi, juga bisa membantu Anda mengurangi stres, meningkatkan aliran oksigen dan darah, serta meningkatkan energi.

Gunakan masker buah-buahan. Cobalah membuat masker wajah sendiri dengan menggunakan buah-buah yang sesuai dengan keinginan Anda. Buah yang kaya enzim, seperti pepaya, bisa membantu mengelupas kulit kering dan mengurangi deposisi melanin. Irisan stroberi memiliki banyak kandungan beta karoten dan vitamin A yang membantu regenerasi kolagen.

Lidah buaya juga merupakan salah satu solusi untuk melawan anti penuaan pada kulit. Tanaman ini bisa menyingkirkan garis halus pada wajah, keriput, dan memperlambat penuaan secara alami.

Olahraga teratur. Olahraga merupakan langkah integral dalam setiap proses perawatan kulit. Latihan fisik akan membantu menjaga kekencangan otot dan fleksibilitasnya saat usia bertambah, membantu melindungi dari masalah jantung, dan membantu Anda agar tetap terlihat lebih muda.

Olahraga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh yang bahkan dapat membantu otak Anda tetap fit. Cara mudah untuk memulai rutinitas olahraga tersebut adalah dengan berjalan.  Jalan atau jogging adalah kegiatan kardio yang membantu pelancaran pembuluh darah, dan terbukti bisa memperpanjang hidup.

Ikuti diet sehat. Konsumsi diet seimbang dengan mayoritas makanan yang terdiri atas sayur dan buah. Keduanya menyediakan antioksidan penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas, yang merupakan faktor timbulnya penyakit yang berkaitan dengan usia. Jauhi daging merah atau daging sapi, ganti dengan ikan-ikanan. Ganti roti putih dengan produk gandum.

Makan makanan sehat akan membantu Anda terlihat dan merasa lebih baik, serta memberikan energi agar Anda mampu melakukan semua kegiatan yang Anda sukai.

 

Sumber : KOMPAS.com & shutterstock

Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: