Posted by: Arnie Suryo | 15 September 2013

4 Hal Penting yang Perlu Anda Kuasai Sebelum Menikah

130915A Thinkstock

 

Menikah bukan hal yang mudah dijalani apalagi ketika ada cobaan menerpa. Pertengkaran kecil yang kerap mewarnai hubungan juga rentan membuat pasangan ingin berpisah. Diperlukan beberapa keahlian agar pernikahan Anda dan suami tetap harmonis meskipun kerikil-kerikil tajam harus dilalui.

Apa saja keahlian yang sebaiknya dimiliki pasangan sebelum menikah? Dr. Susan Heitler, pendiri “Power Of Two Marriage” mengungkapkan empat keahlian itu seperti dikutip Your Tango:

1. Mengontrol Emosi
Ketika sebuah isu menjadi perdebatan antara Anda dan suami, pilihan apakah hal tersebut akan dibesar-besarkan hingga terjadi pertengkaran atau diselesaikan dengan kepala dingin, dikembalikan pada pasangan itu sendiri. Ketika pasangan mampu mengontrol emosinya, kemungkinan mereka mengeluarkan kata yang menyakitkan satu sama lain lebih kecil. Kemampuan mengontrol emosi ini juga penting dimiliki ketika Anda dan suami sudah memiliki anak-anak. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menghadapi si kecil agar Anda bisa menjadi orangtua yang baik.

2. Komunikasi
Berbicara dengan nada tinggi atau langsung menuduh tidak akan menyelesaikan masalah. Belajarlah untuk berkomunikasi secara bijaksan terutama ketika terjadi sesuatu yang membuat Anda merasa tertekan. Selain itu, jadilah pendengar yang baik. Bisa berkomunikasi dan jadi pendengar baik merupakan dua esensial yang dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah tangga.

3. Menyelesaikan Konflik
Setiap orang memiliki perbedaan, itulah yang terkadang menciptakan konflik. Tapi hubungan yang sukses bisa terjadi dari pasangan yang dapat mengatasi konflik dengan baik, contohnya dapat menentukan akan kencan dimana malam minggu nanti sampai masalah besar lainnya seperti akan tinggal di mana ketika menikah nanti. Semua bisa didiskusikan dengan caranya masing-masing, tanpa terjadi pertengkaran.

4. Selalu Bersikap Positif
Sebuah senyuman, belaian lembut, tertawa ketika si dia memberi lelucon, bisa menerima kritik dengan baik hingga tidak pernah lupa mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya membuat hubungan yang ada menjadi positif. Memberikan aura positif dalam hubungan, membuat Anda dan si dia semakin mantap dalam menjalani ke arah yang lebih serius.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: