Posted by: Arnie Suryo | 20 September 2013

6 Cara Atasi Kulit Wajah Lelah

130920A ThinkstockTak hanya wanita saja yang ingin kulit wajahnya terlihat cerah dan segar setiap saat. Pria pun juga demikian. Bahkan berdasarkan penelitian sebuah lembaga riset pasar independen Kadence International pada tahun 2012 mengungkapkan, sebanyak 77 persen pria muda Indonesia mengaku ingin memiliki wajah yang lebih cerah dan mengatasi wajah lelah.

Beberapa tanda bahwa kulit wajah itu lelah, di antaranya kusam, berminyak, kulit kasar, muncul jerawat, serta kuyu. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Menjawab permasalahan ini, dr. Gloria Novelita spKK, dermatologist dari Klinik BeYoutiful berbagi tips untuk mengatasi kulit wajah lelah kepada Wolipop, saat ditemui di acara peluncuran Nivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Facial Scrub, di The Phoenix Cafe, Jl. Wijaya 1 No 25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/09/2013). Apa saja?

1. “Kalau untuk mengatasi kulit lelah, pertama harus dimulai dari lifestyle sendiri. Itu basic sekali. Jadi gaya hidup yang sehat itu apa sih, misalnya mulai dari diet. Banyak minum air putih dua atau tiga liter, banyak makan sayur dan buah, dan tidak mengonsumsi alkohol, kafein juga tidak baik,” jelas wanita berambut pendek itu.

2. Tidur yang cukup juga sangat penting. Menurut dr. Gloria, waktu tidur yang dimaksud minimal enam hingga delapan jam sehari. Ini juga membantu mengurangi stres psikis dan fisik.

3. “Kalau dari kulit, pertama bayangkan kalau kusam itu karena ada sumbatan-sumbatan jadi ya harus dibersihkan. Gunakanlah facial cleanser yang sesuai. Digunakannya saat pagi, pulang aktivitas, dan mau tidur. Kalau aktivitasnya parah banget ya dua kali cuci mukanya. tergantung kebutuhan saja,” papar wanita yang saat itu mengenakan dress selutut berwarna biru.

4. Untuk mengatasi kulit kusam dan kuyu juga bisa dibantu dengan scrub. Dokter Gloria juga mengatakan bahwa, intensitas scrubnya harus dilihat dari keluhan kulitnya. Apabila kusamnya hanya sedikit dan kulit tidak terlalu kasar, maka scrub digunakan seminggu sekali. Namun bila sudah terlalu kasar, akan lebih baik bila wajah discrub dua kali dalam satu minggu.

5. Dokter berparas cantik ini juga menganjurkan untuk menggunakan produk wajah yang dijual di pasaran yang terdaftar di BPOM. Asalkan, cocok dengan kulit wajah dan tidak menimbulkan iritasi.

6. “Tambahkan pula produk untuk pengelupasan. Jadi cari cream yang mengandung AHA atau B AHA, atau P AHA, itu akan membantu kulit mengelupas secara soft agar aman,” papar dr. Gloria.

Menurut dokter yang prakter di klinik milik penyanyi jazz dr. Tompi itu, apabila ke-enam cara ini diaplikasikan dengan baik, maka hasilnya bisa terlihat selama satu bulan. Tapi bila proses atau penyebab yang membuat kulit kusam masih terus berjalan, maka kulit wajah akan terus terlihat kusam dan lelah.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock

 

 


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: