Posted by: Arnie Suryo | 2 November 2013

Saran Untuk Pengantin Baru Agar Tidak Sering Bertengkar

142058_love16

 

Pengantin baru bukan berarti tidak memiliki masalah. Justru di tahun pertama pernikahan Anda dan suami akan banyak menemui masalah. Jika terlalu banyak masalah di awal pernikahan, maka akan berpengaruh besar pada keharmonisan. Itu karena rumah tangga yang masih baru belum stabil.

Bagaimana cara menghindarinya? Berikut ini beberapa saran untuk pengantin baru agar tidak sering mengalami cekcok, seperti dikutip Wiki How.

1. Komunikasi
Komunikasi merupakan hal yang paling dasar dalam kehidupan pernikahan. Bagaimanapun pertengkaran yang Anda alami, jangan sampai memutus jalur komunikasi dengan pasangan. Enggan berkomunikasi hanya akan membuat perselisihan semakin parah karena tak ada satupun dari Anda yang mengungkapkan maksud dan isi hati yang sebenarnya. Prasangka justru bermunculan, sehingga membuat keadaan semakin keruh.

2. Hindari Saling Menyalahkan
Terus-menerus menyalahkan pasangan yang membuatnya merasa terpojok. Anda pun tidak mau mendengarkan penjelasannya. Hal tersebut membuat suami menjadi merasa terjepit dan merasa tak bisa melakukan komunikasi yang sehat dengan Anda. Ujungnya, komunikasi justru terputus sama sekali, dan masalah yang Anda alami tak pernah selesai.

3. Belajar Kompromi
Segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya, termasuk masalah dalam rumah tangga. Tak mudah memang menyatukan dua kepala menjadi satu kata mufakat. Namun jika Anda dan suami mau berkompromi, masalah apapun akan dapat teratasi.

4. Membuat daftar pengeluaran
Seperti yang telah diketahui, masalah finansial sering menjadi sumber pertengkaran dalam rumah tangga. Untuk menghindarinya, biasakan untuk membuat daftar pengeluaran dalam rumah tangga. Kompromikan hal itu dengan suami, agar tak menjadi percekcokan di masa yang akan datang.

5. Saling menghormati
Saling menghormati dan menghargai adalah satu hal pokok yang harus dimiliki setiap pasangan. Jika rasa itu telah hilang, secara tak langsung Anda akan memandang pasangan dengan ‘sebelah mata’. Hasilnya akan timbul ketidaknyamanan dalam rumah tangga. Keadaan itu akan berujung pada percekcokan.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: