Posted by: Arnie Suryo | 13 November 2013

Jangan Gunakan Kosmetik Saat Nge-gym

1529126780x390

 

Berolahraga dengan wajah masih penuh riasan kerap kita lakukan karena biasanya kita baru punya waktu nge-gym setelah pulang kantor. Tentu lebih praktis jika kita langsung berolahraga tanpa perlu repot menghapus make up.

Tapi sebaiknya hal tersebut jangan dijadikan kebiasaan. Menurut Dr.Ava Shamban, ahli dermatologi, memakai make up saat berolahraga bisa menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah.

Jika riasan yang kita pakai tipis biasanya akan mudah terhapus oleh keringat. Tetapi riasan mata seperti maskara yang biasanya antiair (waterproof) bisa luntur dan masuk ke mata. Penggunaan make up yang tidak disarankan misalnya foundation, bedak padat, atau concealer.

“Saat berkeringat pori-pori wajah akan terbuka, tentu kita tidak ingin kesempatan kulit untuk bernapas jadi terganggu karena kita memakai make up tebal,” kata Shamban.

Ditambahkan oleh Mally Steves Chakola, ahli kesehatan kulit, kosmetik dengan formula mikro dan mica bisa masuk ke dalam pori-pori dan memicu komedo atau iritasi kulit.

Shamban menyarankan agar kita menghapus make up sebelum mulai berolahraga. “Pilihlah pembersih muka yang tidak mengandung sulfate sehingga tak akan membuat kulit kering jika kita sering mencuci muka. Hindari juga produk yang mengandung parfum karena bisa menyebabkan peradangan pada kulit,” katanya.

Di lain pihak, menurut Shamban keringat bisa membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. “Karena ada panas dan penguapan pada kulit, bahan-bahan yang menyumbat pori jadi lebih mudah dikeluarkan saat kita menggosok wajah ketika mandi setelah olahraga,” paparnya.

Memakai pelembab sebelum berolahraga juga dinilai percuma karena bahan-bahan pelembab tidak dapat menyerap dan justru luruh bercampur dengan keringat dan bisa masuk ke dalam mata.

Penggunaan body lotion sebelum nge-gym juga bisa membuat tangan lengket. Pengecualian diberikan jika Anda berolahraga di luar ruangan, tentu sebaiknya pilih produk pelembab yang mengandung sunscreen.

Untuk menjaga kelembaban kulit, segera gunakan pelembab setelah mandi. Kemudian tunggulah agar tubuh menjadi dingin sebelum memakai make up.

 

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: