Posted by: Arnie Suryo | 26 November 2013

Selamat Tinggal Kulit Berminyak!

131126A shutterstock

 

Produksi kelenjar minyak yang berlebihan di kulit bisa menyebabkan wajah jadi lengket, mengilap, belum lagi masalah jerawat karena pori-pori mudah tersumbat. Tetapi kondisi tersebut bukannya tidak bisa dihindari, dengan cara yang tepat kita bisa mengendalikan produksi kelenjar minyak.

Jenis kulit seseorang ditentukan oleh faktor genetik dan juga hormonal sehingga kita tidak bisa mengubahnya. Menurut Yosua Zeixhner, dermatolog dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Medical Center, AS, ada beberapa penyebab lain kulit berminyak.

Siklus menstruasi

Setiap bulannya tubuh akan melalui siklus reguler produksi hormon. Fluktuasi hormon ini  dapat merangsang peningkatan kelenjar minyak, sehingga saat PMS biasanya jerawat bermunculan.

Stres

Peningkatan kelenjar minyak dalam tubuh dapat diakibatkan oleh tekanan emosional dan fisik.

Penyumbatan pori-pori akibat kosmetik

“Makeup yang tebal dapat menjebak minyak dan memperburuk proses pelepasan oksigen lewat pori-pori,” kata Zeichner. Makanya, jika wajah ditutup make up setiap hari tanpa ada jeda kulit wajah untuk bernapas, kelenjar minyak dalam tubuh akan meningkat.

Sudah tahu bukan apa saja yang menyebabkan kulit berminyak? Sekarang cara untuk mengatasinya Anda bisa melakukan langkah sebagai berikut :

Memakai pembersih wajah yang tepat

Kata Zeichner, busa pembersih wajah yang bagus dapat membantu menyingkirkan minyak pada kulit. Ia menyarankan, untuk memakai pembersih muka yang memiliki kandungan asam salisilat untuk mengurangi minyak pada wajah.

Coba gunakan masker dari tanah liat

Ini semacam masker yang mengandung kaolin, dimana bahan tanah liatnya menyerap minyak dan membantu menenangkan kulit. Menggunakannya sekali dalam seminggu bisa menyegarkan wajah Anda dan menghilangkan minyak berlebih.

Gunakan kertas minyak untuk wajah

Ini merupakan salah satu cara paling praktis yang bisa digunakan oleh semua orang. Menghapus minyak di wajah dengan kertas minyak juga tidak akan membuat make up terhapus.

Bertemu dermatologist

Jika kulit berminyak Anda sudah terlalu parah, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter kulit. Sehingga perawatan yang diberikan akan tepat.

 

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: