Posted by: Arnie Suryo | 5 December 2013

Mengakali Bentuk Alis Mata agar Wajah Tampak Awet Muda

131205A justjared

 

Alis mata merupakan salah satu fitur yang memiliki peranan penting dalam membentuk wajah seseorang. Salah membentuk alis bisa membuat wajah terlihat lebih tua, atau malah jadi terlihat aneh dan tidak proporsional.

Jika dulu alis mata tipis yang disempurnakan oleh pulasan pensil alis banyak diminati oleh perempuan, sekarang, tren yang berlaku justru mengedepankan bentuk alis yang tebal dan alami. Bentuk alis seperti ini dipercaya dapat membuat Anda terlihat lebih muda dan menyiratkan kesan innocent.

Namun, bukan berarti Anda begitu saja membiarkan alis tumbuh rimbun tidak beraturan. Bagaimanapun alis tetap perlu dirapikan. Berikut panduan yang dikutip dari HeraldSun, cara membentuk alis agar wajah terlihat lebih muda dan cantik.

Jangan mencukur terlalu tipis

Seperti yang dituturkan oleh Sania Vucetaj, pakar kecantikan khusus alis mata, membentuk alis tanpa menghilangkan bentuk alamiahnya membuat wajah terlihat lebih muda. “Selain menahan air keringat masuk ke dalam mata, alis memiliki fungsi lain, yaitu sebagai bingkai wajah. Maka dari itu, hindarilah mencukur alis secara berlebihan, pertahankan bentuk dan struktur yang alami,” ujar Sania.

Lalu, Sania juga menganjurkan supaya saat membentuk alis, perhatikan juga keseimbangan ukuran alis dengan rangka wajah dan tulang pipi Anda. Tujuannya ialah supaya wajah tidak kehilangan rona ekspresif yang dibutuhkan dalam menciptakan keseimbangan.

Jangan mencabut alis

Kebiasaan mencabut alis dengan pinset sama sekali tidak disarankan oleh Sania. Sebab, hal itu dapat menimbulkan luka dan lecet pada kulit di sekitar mata, yang mana area tersebut cenderung sensitif dan terdapat banyak saraf-saraf yang halus.

Membentuk alis sesuai rangka wajah

Saat membentuk alis, perhatikanlah ukuran ketebalannya serta bentuk lengkungannya. Awali dengan memulas alis tipis-tipis dan perlahan, ujung alis pada sisi kiri dan kanan wajah harus sama.

Menurut Sania, apabila Anda bukan orang yang detail, sebaiknya serahkan perawatan pembentukan alis ini kepada ahlinya. Agar wajah Anda tidak berubah-ubah, disarankan untuk membentuk dan merapikan alis setiap empat minggu sekali.

Tidak disarankan untuk waxing alis mata

Menurut Sania, dibandingkan waxing, masih lebih baik merapikan alis dengan pinset, dengan catatan Anda sudah terbiasa melakukannya. “Waxing memiliki risiko membuat kulit merenggang, dan mempercepat kerutan pada sekitar mata,” jelasnya.

Jika memilih trading, perawatan merapikan alis dengan benang, untuk menumpas bulu-bulu nakal yang tumbuh diluar garis bentukan, sebaiknya lakukan dengan gerakan memutar dan arah yang sama, supaya tumbuh merata.

Sesuaikan warna pensil alis dengan rambut Anda

Saat merias wajah, gunakanlah pensil alis dengan tekstur yang lunak dan tidak kasar. Lalu, supaya terhindar dari sindrom wajah SinCan, yakni warna alis yang tebal hingga menciptakan kontras yang terbilang aneh pada wajah, sebaiknya pilihlah warna pensil alis yang selaras dengan warna kulit Anda. Sania menganjurkan untuk memilih warna pensil yang sesuai dengan warna rambut Anda.

 

sumber: KOMPAS.com & justjared


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: