Posted by: Arnie Suryo | 20 December 2013

6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Merusak Kulit Perlahan-lahan

131220A Thinkstock

 

Kerusakan pada kulit wajah tidak selalu disebabkan oleh salah pemakaian kosmetik, polusi atau paparan sinar matahari. Banyak kebiasaan yang Anda lakukan, yang tanpa disadari merusak kesehatan kulit perlahan-lahan. Apakah wajah Anda terlihat kusam, menua sebelum waktunya atau sering timbul jerawat? Mungkin ada satu atau lebih dari enam kebiasaan ini yang kerap Anda lakukan. Hindari segera untuk mencegah kerusakan kulit bertambah parah.

1. Tidur dengan Make-up Masih Menempel
Tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu bisa merusak kulit. Sebab riasan akan menyumbat pori-pori kulit dan menghalangi kelenjar sebum untuk bernapas. Kebiasaan buruk inilah yang bisa menimbulkan jerawat dan noda pada wajah. Tidur dengan make-up yang masih melekat di wajah juga bisa meninggalkan residu di bantal yang memicu penumpukan bakteri. Ketika Anda tidur dengan bantal dan sprei yang sama, bakteri tersebut bisa membuat wajah infeksi.

2. Terlalu Banyak Minum Kopi
Kopi memang memberikan energi yang membuat tubuh lebih segar dan berenergi dengan seketika. Tapi di sisi lain, minuman berkafein ini bisa menyebabkan kulit lebih cepat menua dan berkeriput. Boleh saja meminum kopi tiap hari, tapi batasi konsumsinya maksimal dua cangkir per hari. Lebih dari itu, Anda akan mempercepat proses penuaan.

3. Paparan Klorin yang Berlebihan
Bagi pencinta olahraga renang, aktivitas ini sebenarnya baik untuk membentuk postur tubuh jadi lebih baik dan menyehatkan sistem pernapasan. Renang juga olahraga yang cepat membakar kalori sehingga jadi pilihan ideal jika Anda ingin cepat langsing. Tapi jika tidak hati-hati, olahraga ini tidak terlalu baik untuk kulit. Kolam renang umumnya mengandung klorin yang digunakan untuk menjernihkan air. Bahan ini bisa membuat kulit kering dan menghilangkan kelembabannya. Ditambah lagi, klorin akan tetap tertinggal di kulit bahkan ketika Anda sudah mandi. Untuk mencegah kerusakan kulit akibat klorin, gunakahlah sabun mandi berkualitas baik dan loofah untuk mengelupaskan lapisan klorin yang menempel di kulit.

4. Terlalu Sering ke Spa
Siapa yang tidak suka memanjakan diri dan merawat kecantikan ke spa? Perawatan spa boleh dilakukan dan bahkan disarankan untuk menjaga kecantikan kulit. Tapi sebaiknya cukup lakukan dua minggu atau satu bulan sekali. Terlalu sering pergi ke spa justru bisa membuat kulit mengendur karena proses perawatannya cenderung melemahkan kolagen, sehingga kulit berkurang elastisitasnya.

5. Memenceti Jerawat
Jerawat yang ‘menghiasi’ wajah memang sangat menyebalkan sehingga Anda ingin menghilangkannya dengan cara memencetnya. Tapi cara ini hanya akan merusak kulit dan menimbulkan bopeng hingga jaringan parut yang mengganggu penampilan. Lebih buruk dari itu, memenceti jerawat akan memicu pertumbuhan jerawat baru dan infeksi.

6. Memakai Ponsel Sepanjang Waktu
Banyak orang yang tidak bisa lepas dari ponselnya. Ternyata hal ini juga menjadi faktor penyebab jerawat dan kerusakan kulit. Pemakaian ponsel selama berjam-jam bisa memicu tumbuhnya jerawat yang mengganggu. Jika jerawat muncul lebih banyak di sekitar pipi, kemungkinan disebabkan karena penggunaan ponsel yang terlalu lama. Penyebabnya adalah bakteri yang mungkin terbentuk di layar ponsel dan berpindah ke wajah ketika Anda menelepon. Untuk menghindarinya, rajin-rajinlah membersihkan ponsel dengan tisu antisepstik atau gunakan perangkat hands-free.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: