Posted by: Arnie Suryo | 28 December 2013

Ini Pondasi yang Harus Dibangun Pasangan Agar Tak Ribut Soal Keuangan

Masalah keuangan, seperti pendapatan istri yang lebih besar dari suami, kerap dituding sebagai penyebab utama keretakan rumah tangga. Padahal belum tentu masalah keuangan itu menjadi akar problem utama ketika pasangan bertengkar. Menurut pakar pernikahan, ada pondasi yang perlu dibangun pasangan sejak awal menikah agar konflik soal keuangan ini tak memperuncing pertengkaran.

Konselor pernikahan Indra Noveldy menyebut pondasi yang harus dibangun dari sejak awal menikah adalah komunikasi. “Kalau komunikasi sudah cukup baik, problema ini (keuangan) nggak akan terjadi,” ujarnya.

Indra mengatakan lagi, konflik pasti akan selalu ditemui pasangan sepanjang pernikahan. Agar konflik tersebut tidak menimbulkan keretakan rumah tangga, kuncinya adalah bagaimana mengatasinya.

“Butuh kerja keras. Mumpung baru nikah, secara keuangan belum terlalu melejit, bangun pondasinya dulu, komunikasi yang baik,” ucap pendiri situs Sekolah Pernikahan itu saat diwawancara wolipop di Bintaro Plaza, Tangerang, Banten, belum lama ini.

Hal senada juga dipaparkan oleh psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. Sebagai psikolog, Ayu melihat pasangan yang memiliki masalah dan datang berkonsultasi padanya biasanya karena komunikasi di antara suami-istri itu tidak berjalan dengan baik.

Sejak awal pernikahan, pasangan harus memahami apa tujuan dan konsep pernikahan mereka. Pasangan juga perlu saling memahami sejauh mana komitmen mereka terhadap tujuan yang sudah dibuat.

“Setelah itu diremubikin bagaimana caranya supaya bisa mencapai tujuan itu. Saling menerima itu terkadang memang sulit. Terkadang butuh orang ketiga dulu sebagai coaching harapan masing-masing. Tapi kalau hubungannya sehat nggak perlu (orang ketiga-red),” urai Ayu.

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: