Posted by: Arnie Suryo | 7 January 2014

Aturan Berdandan untuk Sesi Wawancara Kerja

1723595kerja780x390

 

Saat mendapatkan panggilan wawancara kerja, pastinya Anda akan melakukan persiapan penampilan dengan maksimal, supaya terlihat rapih, cantik dan tampak percaya diri. Sebab, suka tidak suka, penampilan yang representatif dapat menciptakan kesan pertama yang baik.

Memang benar bahwa kesuksesan di dunia kerja membutuhkan kemampuan intelektual yang terbaik, tetapi tak ada salahnya saat sesi wawancara kerja Anda menciptakan impresi positif lewat penamilan, denagn mengenakan busana dan rias wajah secara proporsional, yang mencerminkan bahwa Anda adalah seorang profesional andal. 

Seorang Make-up artist Gita Bass mengungkapkan bahwa, sebenarnya tak ada aturan khusus mengenai bagaimana berpenampilan saat akan melakukan wawancara kerja. “Tidak ada aturan yang pasti saat berdandan, hanya saja jangan sampai dandanan Anda mengalihkan perhatian pewawancara dari bakat dan kharisma Anda sesi wawancara,” paparnya.

Menurutnya,  momen wawancara kerja bukanlah tempat untuk bereksperimen dengan tren make-up terbaru. Jika Anda akan mengisi posisi pekerjaan kreatif, maka Anda boleh saja tampil sedikit nyentrik dan berbeda dari orang lain. Hanya saja pastikan tampilan riasan wajah disesuaikan dengan keseluruhan penampilan, tujuanya untuk memompa rasa percaya diri.

Pastikan bahwa pihak perusaahan untuk mengingat Anda karena kemampuan dan bakat yang Anda miliki bukan karena eyeliner biru terang dan menor yang menyilaukan ruang wawancara.

Lantas busana dan rias wajah seperti apa yang cocok untuk pekerjaan yang lebih formil? “Ada baiknya untuk bermain dengan satu fokus make-up saja, misalnya dengan di bibir atau mata,” jelasnya.

Jika memilih untuk menonjolkan bentuk bibir maka pilih warna lipstik yang terang. Tapi jangan terlihat berlebihan, jangan memolesnya terlalu tebal. Sebaliknya, cukup oleskan lipstik terang secara tipis-tipis agar lebih natural.

Jika lebih suka menonjolkan bentuk mata, buatlah garis mata dan bingkai dengan gaya mata kucing, yakni pulasan eyeliner dengan efek ‘ekor’ di sudut mata.  Bingkai mata dengan garis yang sedikit agak tebal, namun pastikan saat membuat ‘ekor’ di ujung mata jangan sampai terlalu panjang.

“Ketika wawancara kerja, jangan pernah mengenakan riasan smoky eye! Simpan riasan ini untuk pergi berpesta atau ke klub bersama teman-teman,” tegasnya.  Jangan lupa untuk mengaplikasikan blush on ke pipi dengan warna yang lembut. Sapukan blush on ini dengan menggunakan jari-jari agar lebih alami.

Make-up apapun yang Anda pilih tidaklah masalah. Pastikan agar tidak berlebihan saat mengaplikasikan make-up, yang membuat Anda terlihat seperti memakai topeng atau terlihat seperti badut. Tampilah dengan kecantikan alami Anda,” paparnya.

 

sumber: KOMPAS.com & WomansDay


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: