Posted by: Arnie Suryo | 9 January 2014

Tetap Cantik Meski Alergi Kosmetik

140109 VIVAlife

 

Belakangan, kosmetik banyak dibuat dengan bahan lembut. Bahkan, ada yang khusus dibuat untuk kulit sensitif. Dulu, kosmetik akrab dengan kandungan timbale atau elemen logam lain. Selain menyumbat pori-pori kulit, itu juga menyebabkan jerawat atau ruam.

Tak jarang, bahan-bahan itu membuat alergi. Kosmetik yang berbahan lembut pun, bisa memicu respons tubuh tertentu. Yang harus dilakukan, adalah menghindari alergen dan memilih produk yang tepat.

Mengutip laman Femguide, ada dua jenis alergi yang mungkin terjadi karena kosmetik. Pertama, reaksi terhadap kulit. Misalnya, kulit menjadi merah dan ruam. Kedua, sistem kekebalan tubuh. Kulit gatal-gatal, hidung meler, mata berair, dan sebagainya.

Kedua reaksi itu harus segera diobati. Untuk menghindarinya, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan.

Hentikan penggunaan

Menghentikan penggunaan kosmetik bisa menjadi salah satu cara jika Anda mengalami alergi. Ini cara paling mudah, namun tidak selalu menyelesaikan masalah. Yang perlu diketahui, adalah kandungan apa yang menyebabkan Anda alergi, baru menghindarinya.

Cari cara alternatif

Jika kesulitan menemukan bahan penyebab alergi, carilah cara alternatif untuk menghindari kontak langsung antara kulit dengan produk kosmetik. Misalnya, foundation menyebabkan iritasi kulit. Anda bisa melapisi kulit dengan vitamin E sebelum menggunakan foundation.

Cara itu bisa mencegah masuknya kandungan dalam foundation ke dalam pori-pori kulit sehingga menghindari terjadinya reaksi alergi.

Bahan organik

Kosmetik dari bahan-bahan organik bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk kulit sensitif. Biasanya, ia dibuat tanpa bahan kimia dan pengawet. Namun, Anda tetap harus mengeceknya sebelum membeli. Pastikan bahan apa saja yang terkandung di dalamnya.

Sesekali polos

Tak ada salahnya tampil polos tanpa riasan sesekali. Itu akan membebaskan kulit dari paparan bahan kimia, dan bisa membuat wajah bersinar. Gunakan cara-cara tradisional, seperti membasuh wajah dengan air hangat setiap malam dan mengolesinya dengan minyak kelapa atau vitamin E. Pagi harinya, wajah akan lebih bersinar.

Untuk bibir misalnya, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly. Jika ingin menggunakan riasan mata, cukup jepit bulu mata tanpa menggunakan maskara. Mengurangi penggunaan kosmetik selama sehari atau pada akhir pekan, dapat menyehatkan kulit dan mengurangi sensitivitasnya.

Hindari produk berbahaya

Selain produk kosmetik umum, pewarna rambut juga menyebabkan kemerahan dan kekeringan. Cat kuku dan lem kuku sering menyebabkan alergi terhadap sistem kekebalan tubuh. Untuk mengantisipasinya, hindari produk berbahan p-phenylenediamine dan amonium persulfat.

 

sumber: VIVAlife


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: