Posted by: Arnie Suryo | 11 January 2014

Tips PDKT ke Calon Mertua yang Belum Beri Restu

073233_mertuabahaya

 

Tidak sedikit pasangan yang terhalang rencana pernikahannya karena belum adanya restu dari orangtua salah satu pihak. Apakah Anda termasuk yang mengalaminya?

Restu dari orangtua ini memang menjadi salah satu elemen penting dalam persiapan pernikahan. Tentunya Anda dan pasangan mau pernikahan dihadiri kedua belah pihak orangtua bukan? Dan pastinya ketika sudah menjalani kehidupan rumah tangga akan lebih menyenangkan jika orangtua memberi restu.

Tapi bagaimana jika calon mertua atau malah orangtua Anda sendiri belum memberikan restu untuk menikah? Tentu ada berbagai alasan kenapa orangtua tak kunjung mengizinkan Anda dan pasangan naik pelaminan. Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan salah satu penyebabnya bisa jadi karena orangtua belum mengenal dengan baik calon istri atau suami anaknya.

Oleh karena itu ketimbang memikirkan lebih jauh mengenai penyebabnya, kenapa tidak Anda dan kekasih mulai mengambil langkah untuk mengambil hati calon mertua yang belum memberikan restu tersebut. Berikut ini saran dari Ratih Ibrahim, psikolog yang mengasuh konsultasi percintaan di Wolipop:

1. Cobalah lakukan pendekatan yang lebih optimal pada calon mertua. Cari tahu hal-hal apa yang dapat menyenangkan hati calon mertua.

2. Pasangan juga perlu ikut berpartisipasi dengan memperkenalkan diri Anda kepada mertua secara positif, baik dengan menceritakan diri Anda ketika sedang berbincang dengan orangtuanya atau misalnya dengan mengajak orangtuanya pergi jalan-jalan dan makan bersama dengan Anda dan dia.

3. Ketika melakukan aktivitas bersama, pasangan dapat membangun komunikasi yang lebih intensif dengan calon mertua dan mengenali karakteristiknya lebih baik. Seperti misalnya, kenapa calon mertua lebih menyukai calon menantu yang berasal dari Jawa (jika alasannya suku) atau kenapa calon mertua protektif terhadap anaknya.

4. Dengan mengetahui calon mertua lebih dekat dan lebih dalam maka kamu dan pasangan akan dapat berdiskusi dan mencari solusi pendekatan yang paling tepat terhadap calon mertua.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: