Posted by: Arnie Suryo | 31 January 2014

Kiat Menghindari Kerusakan Kulit akibat Berenang

140131A shutterstock

 

Berenang di kolam yang airnya mengandung klorin, air laut, atau danau memang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Mulai dari iritasi, dehidrasi, sampai kondisi kulit yang kering. Segera lembabkan kulit setelah berenang.

Salah satu cara untuk menghilangkan kontaminan yang berasal dari air pada kulit tubuh adalah dengan mandi dan keramas segera setelah keluar dari kolam.

Menurut British Swimming, klorin bisa menempel pada kulit, karenanya segeralah membilas untuk mencegah kulit iritasi.

Selain itu, tingginya kandungan garam dalam air laut, ganggang, atau tanamalan lain di danau atau sungai, juga bisa menyebabkan gangguan kulit pada sebagian orang. Untuk itu segera bilas menggunakan sabun pada seluruh bagian tubuh.

Lembabkan kulit

Kolam renang secara teratur diberi klorin untuk membunuh bakteri sehingga orang yang berenang di dalamnya terhindar dari infeksi. Namun bahan kimia tersebut bisa membuat kulit kering.

Gunakan lotion atau pelembab pada kulit setelah membilas tubuh. Produk pelembab kulit yang dijual di pasaran biasanya cukup efektif untuk mencegah kulit kering. Jika kulit masih iritasi setelah berenang atau muncul bercak kemerahan, periksakan ke dokter.

Bersihkan kulit

Minum cukup air putih merupakan cara lain untuk menjaga kesehatan kulit, selain mengoleskan pelembab. Minum cukup air, sebelum dan setelah berenang, akan membantu membersihkan kulit, menggantikan kelembaban yang hilang akibat paparan sinar matahari, serta membuang toksin.

 

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: