Posted by: Arnie Suryo | 5 March 2014

Tips Memilih Kosmetik Ramah Lingkungan

140305A VIVAlife

 

Kesadaran akan bahaya bahan kimia berbahaya dalam kosmetik serta dampaknya pada lingkungan membuat banyak orang kini memilih kosmetik berbahan natural yang ramah lingkungan. Meski harganya terbilang lebih tinggi daripada produk kosmetik pada umumnya, konsumen kosmetik ramah lingkungan semakin diminati konsumen.

Sayangnya, momentum tersebut menjadi celah bagi oknum pembuat kosmetik untuk menaikkan harga tanpa memberikan konsekuensi setara yang diharapkan konsumen. Seringkali label natural dan alami hanya iming-iming untuk menaikkan harga saja dan bahan-bahan alami yang dimaksud hanya ditujukan pada kandungan air pada kosmetik.

Jika Anda tidak ingin terjebak, coba tengok tips memilih kosmetik yang ramah lingkungan seperti dilansir All Women Stalk berikut ini.

Riset

Untuk mengetahui kandungan bahan ataupun kosmetik yang tepat Anda gunakan, tidak ada salahnya Anda melakukan riset terlebih dahulu lewat internet. Make up yang ramah lingkungan adalah make up yang baik untuk Anda dan pada lingkungan sehingga Anda perlu mencari tahu bahan-bahan apa yang harus dihindari dan merek apa yang benar-benar menggunakan komposisi bahan-bahan yang ramah lingkungan.  Anda juga bisa mencoba memasukkan bahan, merek atau produk dan mencari tahu implikasinya lewat alat pencarian yang komprehensif dan sederhana seperti The Environmental Working Group’s Skindeep Database. Lewat browser tersebut Anda dapat mengetahui skor tingkat kandungan racun dalam kosmetik dengan skala 0-10 dan rincian tentang produk tersebut.

Mendata kebutuhan

Karena make up yang ramah lingkungan tergolong mahal, tidak ada salahnya Anda mendata terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan dan paling sering Anda gunakan. Misalnya saja eyeliner ada yang berbentuk pensil, cair,  dan padat. Mana yang lebih tepat bagi kebutuhan Anda? Selain itu beberapa perusahaan kosmetik ramah lingkungan juga hanya memfokuskan pada produk-produk tertentu misalnya lipstik atau bedak saja. Jika demikian Anda harus putar otak mencari merek lain untuk melengkapi perlengkapan Anda.

Bertanya langsung pada pembuatnya

Beberapa kosmetik ramah lingkungan dibuat secara home industry oleh orang-orang yang memiliki pengalaman buruk dengan industri kosmetik. Kekecewaan tersebut akhirnya membawa mereka untuk menciptakan perubahaan dengan memulai bisnis mereka sendiri. Jangan ragu untuk bertanya kepada pembuatnya lewat email atau telepon.  Merek-merek yang benar-benar peduli terhadap kandungan bahan dan lingkungan biasanya akan tertarik untuk ikut terlibat langsung menangani permasalahan Anda.

Mencoba sebelum membeli

Biasanya merek kosmetik ramah lingkungan menawarkan sampel produk dengan harga terjangkau. Cobalah menggunakan sampel tersebut sebelum memutuskan akan menggunakannya dalam jangka panjang. Dengan menggunakan sampel produk Anda dapat mengetahui hasil dan efeknya bagi kulit Anda. Jika cocok Anda dapat melanjutkannya, jika tidak, Anda bisa meninggalkannya tanpa kehilangan banyak uang.

Mencoba produk lokal

Meskipun online shop menyediakan berbagai pilihan produk ramah lingkungan dari berbagai merek impor yang menggiurkan, tidak ada salahnya mencari produk buatan lokal. Alih-alih mencarinya secara online, Anda bisa mencarinya di pasar tradisional, supermarket lokal, bahkan toko obat atau jamu. Banyak sekali resep kecantikan tradisional warisan nenek moyang kita yang masih di produksi hingga sekarang. Selain bebas biaya pengiriman paket, kosmetik tradisional biasanya telah disesuaikan dengan jenis kulit orang Indonesia.

 

sumber: VIVAlife


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: