Posted by: Arnie Suryo | 29 March 2014

Penting! 3 Hal yang Harus Disepakati Pasangan Saat Siapkan Biaya Nikah

140329A wolipop

 

Ketika memutuskan untuk menikah, hal yang paling penting selain mental adalah dana. Saat menyiapkan dana ini, ada beberapa hal yang perlu Anda sepakati dengan pasangan.

Kesepakatan atau pembicaraan dari hati ke hati perlu dilakukan agar ke depannya tidak ada masalah yang timbul di antara pasangan gara-gara dana pernikahan. “Kalau sudah ada kesepakatan akan lebih mudah buat kita untuk langkah selanjutnya menentukan detail-detail tertentu,” ujar Anna Surti Ariani, Psi. Lantas apa saja hal-hal yang harus disepakati itu? Berikut ini daftarnya:

1.Sumber Dana Pernikahan
Masalah siapa yang akan mengeluarkan uang untuk pernikahan atau sumber dana, sebaiknya berada di urutan pertama pembicaraan Anda dan kekasih saat membuat kesepakatan. Jika pernikahan digelar mengikuti adat pihak wanita, tak ada salahnya untuk bertanya apakah soal dana jadi tanggungjawab sepenuhnya pihak Anda atau ada tambahan uang dari pihak kekasih. Pembicaraan mengenai sumber dana ini harus dilakukan dengan jelas, jangan sampai belakangan tiba-tiba muncul tambahan permintaan yang membuat biaya membengkak.

“Apakah betul-betul dari pihak wanita saja, atau berapa persen pihak pria menanggung, atau misalnya, oke pihak wanita saja, tapi ketika pihak pria minta ini-itu, berarti biaya tersebut dari pihak mereka,” ucap Anna Surti Ariani, Psi atau akrab disapa Nina.

Saat membicarakan sumber dana ini, pembicaraan tentunya tak hanya melibatkan Anda dan pasangan. Hal itu karena umumnya orangtua memiliki peran dalam pembiayaan pernikahan. Apakah biaya tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab orangtua? Di sinilah diskusi menjadi penting.

“Kembali ke kesepakatan. Misalnya dana akad pasangan yang menanggung, sementara orangtua tolong biayai resepsi. Atau kalau ada ngunduh mantu, itu semuanya jadi tanggungjawab pihak pria,” jelas Nina.

Sementara itu menurut penasihat keuangan dan investasi Lisa Soemarto, di zaman sekarang ini, sudah bukan kewajiban lagi untuk orangtua menyiapkan dana pernikahan anaknya. “Contohnya orangtua sudah pensiun, mungkin uang mereka untuk menjalani pensiun saja nggak cukup dan anak-anaknya sudah kerja, sudah bagus kerjanya, nggak fair juga kan kalau terlalu mengharapkan orangtua. Jadi kalau memang anak sudah memiliki kemampuan, sebaiknya menyiapkan dana sendiri,” urai wanita yang menjabat sebagai Senior Partner and Advicer di Akbar’s Financial Clinic itu saat berbincang dengan Wolipop di Pacific Place, kawasan SCBD, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2013)

2. Detail Pernikahan
Setelah sepakat mengenai sumber dana, barulah Anda mulai membicarakan detail pernikahan. Mulai dari menentukan gedung, undangan, catering, dokumentasi, busana hingga seragam untuk keluarga. Pembicaraan mengenai detail pernikahan ini akan membuat Anda dan pasangan mengetahui berapa total dana yang dibutuhkan.

“Begitu sudah disepakati kita akan membicarakan banyak hal contohnya gedungnya di mana. Kemudian gedung seringkali menentukan harga makanan, pakaian. Katakan misalnya kita mau pesta kebun tentu beda dengan indoor,” ujarnya saat diwawancara Wolipop di Gedung Graha CIMB Niaga, kawasan SCBD, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2013).

3. Kapan Dana Disiapkan
Setelah tahu berapa dana yang perlu dipersiapkan dan dari mana sumber uangnya, kini tentukan kapan dana tersebut harus disiapkan. Pastinya dana pernikahan ini tidak bisa disiapkan dengan terburu-buru, apalagi kalau jumlahnya besar.

“Minimal satu tahun. Buat persiapannya aja kan nggak bisa 1-2 bulan, bisa enam bulanan. Enam bulan itu mesti DP gedung, catering, jadi sudah perlu biaya kan, minimun satu tahun sebelum menikah,” jelas penasihat keuangan dan investasi Lisa Soemarto.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock

 


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: