Posted by: Arnie Suryo | 16 April 2014

Menjaga Mata Awet Muda dengan 6 Cara Sederhana

1020312shutterstock-28042174780x390

 

Mata adalah salah satu bagian wajah yang paling cepat mengalami proses penuaan. Sebab seiring usia kelopak mata akan merenggang dan otot sekitarnya melemah. Selain itu, kebiasaan buruk seperti kurang tidur juga dapat menyebabkan mata tidak segar, lelah, dan cepat tua.

Mencegah agar mata tetap awet muda, salah satunya adalah dengan mengaplikasikan krim mata, tetapi cara ini dianggap masih kurang maksimal dan menuntut waktu yang lama. Berikut ini beberapa kiat sederhana dalam menjaga agar mata terus terjaga awet muda:

Alis proporsional
Salah satu cara paling mudah untuk “menyulap” agar mata lebih segar adalah dengan membentuk dan merapihkan alis. Sebab, alis mata dapat menyeimbangkan fitur wajah dan membingkai mata. Cara membentuk alis mata yang baik adalah membentuknya hingga membingkai wajah, agar terlihat segar dan bersinar.

Hilangkan kantung mata
Kurang tidur akan menyebabkan timbulnya kantung hitam di bawah mata, yang pastinya mengganggu penampilan. Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan kantung mata, salah satunya adalah dengan sendok metal.

Caranya, simpan sendok metal di dalam freezer, setelah suhu sendok beralih dingin, letakkan punggung sendok ke bagian kantung mata sembari ditekan ringan seperti gerakan memijat. Ketika kantung mata sudah mengempis, aplikasikan pelembab di sekitar mata untuk menyamarkan rona hitam.

Hindari pengguanaan make up di bagian kerutan
Menutupi kerutan di area mata dengan rias wajah adalah pekerjaan yang tidak mudah. Pasalnya, concealer dan bedak padat tidak bisa menyamarkan garis keriput tersebut dengan sempurna. Ternyata, memang benar bahwa menutupi kerutan di area mata dengan rias wajah bukan solusi, selain mudah luntur juga bisa membuat riasan menempel di lipatan kerutan. Jika Anda harus memulaskan make up, pilih saja jenis primer lalu diaplikasikan tipis-tipis untuk menyamarkan.

Pilih warna eye shadow yang tepat
Jika masalah mata Anda hanyalah kantung mata dan bukan kerutan, Anda bisa memulaskan make up natural di bagian bawah mata. Sebab, pilihan eyeshadow berona natural dan terang dapat membuat mata terlihat lebih segar.

Menghilangkan lingkar hitam
Untuk menghilangkan lingkar hitam gunakanlah concealer. Pastikan Anda memilih concealer  yang sesuai warna kulit. Disarankan untuk memilih concealer yang lebih cerah dibanding warna kulit wajah .

Anda dapat memilih concealer berwarna peach (paduan warna coklat muda dan merah muda) yang berguna dalam menetralkan lingkaran mata berwarna kebiruan. Sedangkan concealer berwarna merah muda akan menyamarkan lingkaran mata yang berwarna coklat atau hitam.

Krim mata
Krim mata menjadi andalan untuk menghilangkan berbagai masalah di kulit mata. Namun tetap saja, pilih krim mata yang tepat untuk berbagai masalah kulit mata Anda. Produk kosmetika yang paling diandalkan untuk menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata adalah krim mata.

Pililhlah krim mata yang mengandung kafein dan vitamin K, untuk mengatasi kantung mata. Sedangkan untuk menghilangkan lingkaran hitam, sebaiknya pilih krim yang mengandung kafein, vitamin C, dan arbutin. Namun, jika masalahnya adalah kerutan, maka pilih krim mata dengan kandungan retinol untuk meningkatkan kolagen dan juga antioksidan untuk memperbaiki sel rusak.

 

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: