Posted by: Arnie Suryo | 4 May 2014

Tips agar Bisa Bersahabat dengan Ibu Mertua

140731_mertua

 

Masuk dalam sebuah keluarga baru pastinya jadi tantangan tersendiri bagi pasangan yang baru menikah, apalagi untuk diterima sebagai anak sendiri bagi si ibu mertua. Meskipun sudah menikah, tapi masih saja ada perselisihan kecil antara menantu dan mertua. Menurut psikolog yang juga konsultan cinta Wolipop, Ratih Ibrahim, banyak faktor yang melatari mertua bersikap kurang baik pada menantunya.

Misalnya saja, si suami adalah anak kesayangan ibunya. Si ibu mertua bisa saja merasa khawatir jika kehadiran seorang istri menggantikan posisi wanita nomor satu di hati anak lelakinya. Penyebab lainnya adalah karakter yang memang bretolak belakang antara ibu mertua dengan si menantu. Lantas, bagaimana solusinya agar bisa bersahabat dengan ibu mertua?

Menurut Ratih, Anda perlu mencari tahu terlebih dulu apa latar belakang penyebab si ibu mertua kurang suka dengan Anda. Setelahnya, komunikasikan hal tersebut bersama suami untuk dicari jalan keluar bersama. Tanyakan juga pada suami mengenai hal-hal apa saja yang jadi favoritnya.

“Misalnya, jika ibu mertua sangat suka berkebun maka tidak ada salahnya kamu membelikan Beliau tanaman baru dan berkebun bersama dengannya,” jelas Ratih memberi saran kepada salah satu pembaca Wolipop.

Selain memberi apa yang disukai ibu mertua, Anda juga bisa mendekatkan diri dengan sering-sering mengunjunginya. Sebagai tanda Anda menghormati si ibu, dan tidak ingin memisahkannya dengan sang anak. Anda juga boleh membawa sedikit buah tangan, seperti membelikan makanan favoritnya saat berkunjung.

Ditambahkan Ratih, introspeksi terhadap diri sendiri juga perlu dilakukan jika Anda sudah berusaha maksimal untuk meluluhkan hati si mertua. Jangan ragu meminta maaf jika Anda merasa sudah melakukan yang terbaik.

“Kemungkinan adanya kesalahan yang tanpa sengaja pernah diperbuat dan jika ada, beranilah untuk meminta maaf dengan ibu mertua serta memperbaiki diri,” tutupnya.

 

sumber: wolipop.com & Thinkstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: