Posted by: Arnie Suryo | 11 June 2014

Aturan “Bermake-up” di Kantor

140611A shutterstock

 

Ada ungkapan yang mengatakan, berbusanalah untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, bukan untuk pekerjaan yang Anda punya sekarang. Sebab, di dunia kerja zaman sekarang, penampilan yang sempurna dan kinerja maksimal adalah dua hal pendukung yang wajib dimiliki oleh masing-masing karyawan.

Berpenampilan layak ke kantor dapat meningkatkan kepercayaan diri saat bekerja, juga bisa menyebarkan aura positif pada lingkungan sekitar. Cara ini merefleksikan sikap penghargaan pada diri sendiri dan sifat profesionalisme pekerja modern.

Berikut beberapa panduan merias wajah ke kantor yang proporsional, tapi tetap tampak cantik dan mencuri perhatian.

1. Rambut
Menata rambut dengan gaya cepol ballerina (ballerina bun) memang terbilang praktis, rapi, dan tidak membutuhkan banyak waktu penataan. Selain itu, juga merupakan solusi efektif untuk mengatasi masalah bad hair day, akibat lupa keramas, rambut lepek, dan berminyak.

Tatanan rambut lainnya yang cocok untuk bekerja adalah ikat ponytail, kepang Perancis, kepang fishtail.

2. Kuku
Untuk mempercantik kuku, terkadang Anda ingin memulaskan kuteks dengan warna-warna yang ceria. Namun setelah beberapa waktu, warna kuteks akan mulai terkelupas sedikit demi sedikit. Kalau sampai terlihat orang lain, kuteks yang terkelupas ini pasti terlihat memalukan. Jadi sebelum berangkat ke kantor, pastikan kuteks Anda masih terlihat sempurna.

Warna kutek yang telah pudar dan mengelupas mencerminkan bahwa si pemilik kuku adalah orang yang malas memperhatikan penampilan diri sendiri. Citra yang demikian bisa berdampak buruk pada jenjang karier di kantor. Maka dari itu, rajin-rajinlah memeriksa penampilan kuku-kuku Anda sebelum berangkat kerja. Apabila, warna kutek sudah mulai mengelupas, jangan malas memulaskannya kembali, atau yang lebih praktis, hapus dan bersihkan kuku dari kuteks.

3. Mata
Kantor bukanlah tempat yang cocok untuk mengaplikasikan smokey eyes yang dramatis. Sebab, pada dasarnya, riasan mata memang diperuntukkan untuk acara-acara di malam hari. Untuk penampilan ke kantor, lebih baik pulaskan warna eye shadow yang natural dan bingkai mata dengan pulasan eye liner tipis-tipis yang sederhana.

4. Bibir
Warna lipstik yang cerah membuat wajah tampak lebih cerah. Untuk menjaga keseluruhan riasan tetap natural, tambahkan lip gloss dan lip balm transparan yang mengilap.

5. Parfum
Mengenakan parfum ke kantor jangan hanya memikirkan selera diri sendiri saja, tapi pertimbangkan juga pengaruh tebaran wewangian  Anda pada lingkungan sekitar. Anda harus berpikir apakah parfum yang Anda kenakan bakal mengganggu konsentrasi rekan kerja Anda atau tidak.

Aroma yang terlalu menyengat tidak hanya akan mengganggu konsentrasi tapi juga seringkali membuat orang lain jadi pusing. Nah, saat ingin menyemprot kembali parfum ke tubuh Anda, jangan sekali-kali lakukan di meja kerja Anda. Selain aromanya bisa mengganggu, hal ini juga kurang sopan, sebaiknya lakukan di kamar mandi.

 

sumber: KOMPAS.com & shutterstock


Tinggalkan komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: